Halo akiba-chan dan akiba-kei! Sudah punya rencana untuk menonton film untu minggu ini? Nah, kalau belum, kali ini mimin mau merekomendasikan film-film Jepang paling sedih nih. Yang penuh dengan drama dan air mata huhuhu siap-siap baper deh ya. Berikut rekomendasi film Jepang paling sedih versi Akiba Nation (part 1)!

Baca Juga: 10+ Film Horor Jepang Paling Menjijikkan & Mengejutkan

1. Hachiko

Kisah anjing berikut ini sudah melegenda dan menjadi salah satu kisah sedih yang diangkat dari cerita nyata. Nggah heran filmnya ini jadi film jepang paling sedih yang tak tertandingi sampai sekarang. Sesuai judulnya, Hachiko adalah seekor anjing yang dikenal dengan sebutan “anjing paling setia di dunia” yang hidup di era setelah perang dunia pertama. Namanya menjadi terkenal karena kesetiannya pada sang majikan, Ueno Hidesaburo yang tersebar di media cetak lokal kala itu. Hachiko yang sangat penurut itu selalu setia menanti Ueno di stasiun Shibuya hingga akhir hayatnya.

Karena populernya cerita tentang Hachiko, akhirnya dibuatlah film dengan judul serupa yang ditayangkan perdana pada tahun 1987 di Jepang. Film ini kemudian dibuat kembali oleh industri Barat yang disutradarai Lasse Hallstrom pada tahun 2009.

Kisah Hachiko ini telah memberi dampak pada kehidupan sosial di Jepang. Selain itu, kisah kesetiaanya sang anjing jantan ini juga telah menginspirasi pada banyak orang di dunia, termasuk mimin. :”D

 

2. One Litre of Tears

Film drama yang lebih dikenal dengan judul ‘A Diary of Tears’ ini menjadi salah satu film Jepang paling sedih selanjutnya. Sesuai judulnya, film ini menyuguhkan kisah cinta yang mengharu biru, dimana kisahnya diangkat dari kisah nyata.

Diangkat dari kisah seorang remaja berusia 15 tahun bernama Kito Aya yang mengidap penyakit langka yang membuat Aya tidak berumur panjang. Kisah hidupnya yang pilu ditulis di buku hariannya sampai dirinya tidak sanggup untuk menuliskannya lagi. Aya semakin kehilangan semangat hidup, hingga akhirnya Asou Haruto selalu mendapinginya.

 

3. Koizora

Selanjutnya ada Koizora, salah satu film romance favorit mimin nih! Kisah ini menceritakan tentang kehidupan siswa SMA bernama Hiro dan Mika yang saling mengenal karena ketidaksengajaan.

Kehidupan mereka berdua berubah setelah mereka mulai berpacaran dan Mika hamil di luar nikah bersama Hiro. Tidak lama kemudian, Mika keguguran dan Hiro perlahan mulai menghilang dari pandangan Mika. Hingga akhirnya Mika mendapat kabar bahwa Hiro terbaring lemah di rumah sakit karena terjangkit kanker.

Film yang disutradarai oleh Natsuki Imai ini sukses menarik begitu banyak penggemar film Jepang, terbukti dengan prestasi film tersebut yang menang dalam ajang Yokohama Film Festival dengan kategori Best Newcomer Award.

 

4. Sekai Kara Neko ga Kieta Nara

 

Ayo, mana nih yang suka sama kucing? Nah, film ini bisa menjadi salah satu film jepang paling sedih sepanjang masa. Film yang lebih dikenal dengan sebutan Seka Neko merupakan sebuah film live action yang disutradarai oleh Akira Nagai, dimana kisah ini diangkat dari sebuah novel dengan judul serupa.

Film ini menceritakan tentang kebingungan seorang pemuda yang berkerja sebagai tukang pos yang memiliki penyakit yang cukup serius. Ia mendapat tawaran untuk menukar sesuatu yang dapat membuat dirinya berumur panjang, namun dengan syarat ‘hal’ yang ditukar tersebut akan menghilang selamanya. Ia sempat berpikir untuk menukar kucing kesayangan ibunya sebagai ‘hal’ tersebut. Dan berakhir dengan twist ending yang bikin kokoro berantakan :'(

 

5. Kimi ni Love Song wo

Selanjutnya datang dari kisah antara musisi Korea dan Jepang yang saling jatuh cinta, Kimi ni Love Song wo menjadi salah satu film wajib kalian tonton di musim hujan sekarang ini! Film yang menceritakan tentang seorang penyanyi dari band Supernova (atau Choshinsung dalam pelafalan Korea) bernama Sung Je yang tidak fasih berbahasa Jepang.

Ia bertemu dengan seorang wanita buta bernama Saori yang notabenenya adalah orang Jepang, hingga akhirnya Sung Je berniat untuk mempelajarai bahasa Jepang dengan Saori. Mereka saling jatuh cinta, meskipun Saori tidak pernah tahu bagaimana wujud fisik Sung Je yang sebenarnya.

 

6. Love Letter

Film paling sedih selanjutnya yaitu Love Letter, sebuah film era 90-an yang sangat populer di Jepang. Film ini mengudara pada tahun 1995, disutradarai oleh Shunji Iwai. Film ini menjadi film yang paling sukses di masanya, dimana beberapa penghargaan diraih. Salah satunya adalah kategori Best Film di ajang Kinema Junpo Awards tahun 1996.

Love Letter mengisahkan tentang seorang wanita bernama Hiroto yang sangat merindukan kekasihnya bernama Itsuki yang hilang saat mendaki gunung. Hiroto kemudian mengirimkan surat ke alamat rumah Itsuki yang tertera di buku tahunan sekolah. Tidak disangka, surat yang ia kirim ternyata dibalas dengan nama Itsuki. Begitu girangnya, Hiroto merasa bahwa surat itu seperti ‘turun dari surga’.

Hiroto dan ‘Itsuki’ saling membalas surat mereka, namun semakin kesini Hiroto semakin merasa janggal dengan seseorang yang mengaku sebagai Itsuki. Ayo kira-kira siapa ya yang selama ini membalas surat Hiroto?

 

7. Anata wo Wasurenai

Film ini juga mengisahkan tentang kisah cinta dua orang berbeda kebangsaan, yaitu Jepang dan Korea. Film yang juga dikenal dengan judul 26 Years Old Diary ini mengisahkan seorang pemuda asal Korea, Lee Su Yeon yang melanjutkan studi ke Jepang setelah selesai wajib militer. Ia senang dengan dunia musik, khususnya pada gitar.

Selama di Jepang, Su Yeon bertemu dengan seorang pengamen jalanan cantik bernama Yuri Hoshino, yang juga mempunyai suara yang merdu. Mereka dipertemukan di suatu tempat dimana Yuri sempat didatangi preman lalu adu mulut dengan Yuri, lalu Su Yeon datang membantu Yuri.

Akiba-chan dan akiba-kei sudah pernah menonton? Iya, awalnya terasa manis, tapi ujungnya yaa gitu deh~ 😀

 

8. Ima, Ai ni Yukimasu

Salah satu film keluarga-romantis yang satu ini juga rugi kalau dilewatkan! Film yang dikenal dengan judul Be With You ini merupakan sebuah film kehidupan sebuah keluarga kecil yang memiliki plot yang cukup ringan namun mengena. Film yang disutradarai oleh Nobuhiro Doi ini diangkat dari novel dengan judul serupa karangan Takuji Ichikawa.

Film Jepang Paling sedih

Film ini menceritakan seorang ibu muda bernama Mio yang telah meninggal dunia. Ia meninggalkan suami dan putranya, Takumi dan Yuji. Sebelum kematiannya, Mio berjanji bahwa ia akan kembali pada musim hujan yang akan datang. Tidak disangka, Mio benar-benar kembali pada mereka, meskipun dengan ingatan kosong. Ia bahkan tidak ingat siapa dirinya. Hingga suatu saat Mio menemukan sebuah buku diary yang membuatnya kembali mengingat masa lalunya, dan cintanya.

Nah, dari deretan film jepang paling sedih diatas, apakah akiba-chan dan akiba-kei sudah menonton semuanya?

Kalau belum, tidak ada salahnya untuk menonton semua film diatas ketika hujan turun dan disaat waktu senggang pastinya 😀 Oh iya, ngomong-ngomong ini baru part 1, lho! Masih ada part 2 yang pastinya list-nya tidak akan mengecewakan kalian semua~ Pastikan selalu pantengin Akiba Nation terus ya!

Comments

Loading...