Yo Akiba-chan dan Akiba-kei, gimana kabarnya? Teh dikehidupan kita sehari-hari merupakan hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari ya.. Di saat panas, es teh jawabannya. Di saat hujan deras, teh hangat setia menemani dan menghangatkan kita. Kalian ada yang pecinta teh? Suka teh yang seperti apa? Teh Oolong? Teh tarik? Teh Villa? #ups sebut merk. Hehe.. nah tapi Akiba-chan dan Akiba-kei tau nggak nih macam-macam teh di Jepang? Di Jepang dibedakan menjadi 11 macam teh lho.. (>,<) Yuk langsung aja lihat ada apa aja 11 macam teh jepang :

1. 煎茶 – Sencha

Image result for sencha

Sencha ini teh jepang yang diminum oleh hampir pada umumnya 80% orang Jepang. Daun tehnya ditumbuk lalu dijemur dibawah terpaan sinar matahari.

Teh ini juga disajikan pada restoran restoran di Jepang pada umumnya. Rasanya ringan dan dan tidak begitu pahit.

 

2. 玉露- Gyokuro

Image result for Gyokuro

Teh jepang kelas atas yang diolah dari Tencha (jenis daun teh). Warnanya hijau agak pucat dan memiliki aromanya yang wangi.

 

3. 抹茶 – Maccha

Image result for maccha

Maccha juga merupakan salah satu teh jepang kualitas tinggi karena dibuat dari bahan Tencha. Tencha dikukus lalu dipisahkan ampasnya untuk ditumbuk menjadi bubk teh. Maccha tidak direndam seperti kebanyakan teh lainnya, namun dimasukkan dan dicampur di dalam air lalu diminum langsung. Ohya, Maccha adalah teh yang juga digunakan pada upacara minum teh di Jepang. Aromanya harum dan sering kali teh ini digunakan sebagai perasa kue di Jepang maupun es krim.

 

4. 番茶 – Bancha

bancha

Bancha merupakan teh jepang yang kualitasnya masih dibawah sencha. Harganya murah namun daun tehnya agak kasar. Daun teh yang digunakan untuk teh ini biasanya diambil ketika musim panas dan musim gugur.

 

5. 紅茶 – Koucha

koucha

Teh yang disebut orang Jepang sebagai Teh hitam. Teh Indonesia, disebut orang Jepang Koucha lhoo.. Biasanya orang jepang menyeduh teh ini dengan mencampurkan susu atau lemon.

 

 

6. ほうじ茶 – Houjicha

teh jepang

Houjicha adalah teh yang terbuat campuran Sencha dan Bancha. Pengolahannya, daun teh digongseng di penggorengan atau di panaskan di dalam oven. Karena digoreng, warnanya menjadi kecoklatan dan memiliki aroma yang kuat. Teh ini dipercaya bagus untuk pencernaan.

 

 

7. 玄米茶 – Genmaicha 

genmaicha

Genmaicha disebut juga teh panggang. Genmaicha adalah teh kombinasi dari Sencha dan Bancha yang kemudian dicampur dengan Genmai (beras). Aromanya sedap dan bagus untuk kesehtan.

 

8. くき茶 – Kukicha

kukicha

Kukicha merupakan teh yang dibuat dari semak teh. Kafein yang terkandung sangatlah sedikit dibandingkan teh lainnya.

 

9. 麦茶 – Mugicha 

mugicha

Mugichia merupakan teh yang terbuat dari Biji Barley. Di Jepang, sangat populer diminum pada saat musim dingin dan musim panas. Teh ini bahkan tidak mengandung kafein sama sekali. Di Korea pun juga sering kali disajikan.

 

10. 昆布茶 – Konbucha 

konbucha

Teh yang terbuat dari rendaman Konbu. Sering kali setelah konbu digunakan untuk teh satu kali, biasanya konbu dijadikan bubuk lalu diseduh kembali sebagai teh. Rasanya asin dan baik untuk kesahatan.

 

 

11. かぶせちゃ – Kabusecha

kabusecha

Teh yang terakhir ini pengolahannya sama dengan teh sencha, namun perbedaanya daun teh Kabusecha justru malah dilindungi dari terpaan sinar matahari setelah dipannen. Aromanya lebih harum dibandingkan teh sencha.

 

Wahh itu tadi macam-macam teh Jepang, karena warnanya dan ada beberapa daun teh yang digunakannya itu sama jadi agak sulit membedakannya sih. Tapi kalau Akiba-chan dan Akiba-kei sudah mencobanya mungkin tau perbedaanya ya.. Akiba-chan dan Akiba-kei kalau ada kesempatan untuk nyobain, ceritain rasanya ya.. hehe ^o^

Comments

Loading...