Hari Natal sudah lewat, dan setelah itu didepan kita adalah perayaan hari Tahun Baru. Pergantian dari 2017 ke tahun 2018, pergantian musim anime dari Fall 2017 ke Winter 2018. Telah banyak yang terjadi dalam dunia anime ditahun 2017, mulai dari naiknya pendapatan industri anime sampai perkembangan menarik pada bisnis Otaku. Dan juga, perayaan umur 100 Tahun media Anime. Sebagai penutup tahun, yuk tonton video 100 tahun sejarah Anime yg Apik ini

Video perayaan 100 tahun media anime ini disusun oleh Association of Japanese Animation atau AJA. Memasukkan sampai 122 anime. Walau disini dimasukkan juga karya animasi yang bukan 2D macam claymation dan stopmotion. Dan tentu karena sudah ada banyak sekali anime, tak mungkin semuanya bisa masuk, belum lagi bisa juga ada yang tak masuk karena alasan lisensi.

Sejarah anime ini dimulai dengan karya anime Jepang tertua yang pernah ditemukan, Namakura Gatana. Kemudian juga ada Tale of the Whiter Serpent, film anime full color pertama. Dan tentu, beberapa anime karya sang bapak Animanga, Tezuka Osamu, juga masuk. Mulai dari Jungle Taitei atau Kimba the White Lion yang merupakan seri anime full color pertama, sampai Tetsuwan Atom alias Astro Boy.

Dan berbagai anime-anime yang menjadi cikal bakal berbagai genre anime lain, seperti Cyborg 009, seri buatan bapak Tokusatsu, Ishinomori Shotaro. Kemudian ada juga anime Sport klasik seperti Touch dan Mecha dengan Gundam.

sejarah anime

Dari genre Mahou Shoujo atau Magical Girl, mulai nostalgia klasik seperti Sailor Moon dan Minky Momo, sampai ke yang modern yang mulai bermain-main genre macam PreCure dan Madoka Magica. Sampai Hit Shounen genre yang judulnya pasti mina-san sudah pada tahu πŸ˜‰ seperti Dragon Ball dan YuYu Hakusho. Dan juga tiga seri Shounen modern yang dijuluki Big 3 di barat; BLEACH, Naruto, dan pastinya, One Piece.

Movie dan feature film juga masuk, seperti Akira, movie anime yang memulai anime booming di barat. Ada juga Toki wo Kakeru Shoujo karya Hosoda Mamoru. Dan judul anime yang β€˜nama’nya masih menggelegar πŸ˜‰ Kimi no Na wa karya Shinkai Makoto. Dan masih BUANYAK lagi πŸ˜‰

Dan semuanya diiringi dengan lagu tema yang mantap berjudul Tsubasa wo Motsu Mono ~ Not an Angel Just a Dreamer. Kenapa mantap? Karena lagu tersebut menampilkan bukan 1, bukan 2, bukan 10, tapi sampai 23 seiyuu dan anisong singer.

Ada grup Wake Up Girls, band GRANRODEO dan JAM Project, Inoue Azumi, Mizuki Ichiro, Kushida Akira, Sasaki Isao, Minami, May’n, Nakagawa Shouko, Suzuki Konomi, Yonekura Chihiro, Mimori Suzuko, Horie Mitsuko, Hatano Wataru, Toyonaga Toshiyuki, Shimono Hiro, Suzumura Kenichi, Taketatsu Ayana, Chihara Minori, dll.

Cara yang bagus untuk merayakan peringatan semacam ini, menontonnya jadi bikin kokoro terharu nih mina-san πŸ˜€ Semoga tahun 2018 dan kedepannya nanti, industri anime jadi semakin keren dan semakin bagus lagi πŸ™‚