Teman-teman, pasti sudah sering nonton anime dong. Anime bergenre apa yang paling kalian suka? Harem? Cinta? Heroik? Komedi? atau Gore? Atau suka segala jenis anime asal karakternya moe? Hehehe. Ngomong-ngomong tentang moe nih, setiap orang pasti punya rating ‘moe’ yang berbeda untuk setiap karakter baik manga maupun anime yang pernah dilihatnya. Dan yang sedang booming saat ini, sifat yang paling mengidentikkan aura moe adalah tsundere. Apa itu? Tsundere bisa dikatakan salah satu sikap seseorang (biasanya wanita) yang awalnya dingin dan bahkan kasar terhadap orang lain, namun perlahan-lahan menunjukkan sisi hangat.. Biasanya istilah ini dipakai untuk menggambarkan seseorang yang biasanya menunjukkan sikap dingin, namun di depan orang yang disukainya, sikap tersebut berubah menjadi lembut dan malu-malu.

tsundereasunasao

Nah! Akibanation menemukan sesuatu yang menarik nih tentang tsundere. Begitu banyak anime yang memasukkan unsur tsundere sebagai daya tarik cerita. Diantara lautan anime yang selalu dan selalu bertambah disetiap musim, ada beberapa judul yang paling berkesan tsundere bagi penonton. Sebuah situs jepang berhasil menarik minat sebanyak 7756 orang dari berbagai kalangan untuk mengapresiasikan rasa suka mereka dengan cara memberikan suara untuk setiap anime yang menurut mereka kental akan ke-tsundere-an sehingga menghasilkan top ranking dibawah ini.

Dimulai dari kursi ke-10 hingga ke-6 berturut-turut ditempati oleh Mayo Chiki! , Zero no Tsukaima 2, Shakugan no Shana, Zero no Tsukaima dan To Aru Kagaku no Railgun.

Sedangkan yang berhasil menempati peringkat 5 besar adalah sebagai berikut.

5. Aria the Scarlet Ammon

Peringkat ke-5 dipenuhi cerita seputar kehidupan anak SMA. Kinji Toyama memulai kehidupan nya sebagai murid di SMA Butei Tokyo. Sekolah ini mengajarkan pelatihan spesial untuk menjadi seorang Butei yang notabenenya dididik dapat mempertahakan diri dan mempersenjatai diri mereka sendiri serta terjun sebagai anggota dari tim yang bertugas menyelesaikan masalah kriminalitas. Butei diciptakan untuk mengatasi kriminalitas kelas kakap sehingga memerlukan pelatihan yang ekstra. Suatu hari Kinji bermaksud untuk berhenti dari sekolah tersebut namun secara misterius ia diserang pembunuh brutal yang ternyata sengaja mengincar para Butei. Seseorang bernama Aria H. Kanzaki datang menolongnya dan hidup Kinji berubah drastis semenjak kejadian tersebut. Tokoh tsundere yang paling menonjol dalam anime ini tentu saja adalah Aria H. Kanzaki yang kecil nan moe.

HidanNoAria (1)

HidanNoAria (2)

 

4. Steins; Gate

Peringkat ke-4 di tempati oleh anime yang diangkat dari visual novel hasil kolaborasi 5PB dan Nitroplus. Bersetting di Akihabara, tentang sebuah grup yang berisi orang-orang yang saling bersahabat dimana mereka berhasil memodifikasi microwave menjadi sebuah perangkat yang dapat mengirim pesan ke masa lalu. Saat mereka melakukan eksperimen yang berbeda, sebuah organisasi bernama SERN yang selama ini juga melakukan penelitian tentang mesin waktu sedang mengintai mereka. Mampukah mereka lolos dari  terkaman SERN? Bagi yang sudah pernah melihat anime nya bisa menebak siapa yang paling tsundere diantara para tokoh Steins; Gate ini?

Steinsgate

ada yang tahu nama karakter ini?
ada yang tahu nama karakter ini?

 

3. Oreimo

Anime yang satu ini memang layak duduk di peringkat 3. judul versi lengkapnya adalah Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai. Namun lebih dikenal dengan istilah beken Oreimo, yang dimaknai secara harfiah artinya ‘adik perempuan ku’. Sudah dapat dipastikan dari judul nya bahwa kisah yang dipaparkan dalam anime ini berupa kisah seputar adik-kakak! Ya, tapi bukan kisah membosankan layaknya sinetron. Masih menyangkut kehidupan anak SMA, disini ada Kyosuke yang terkejut bukan kepalang mengetahui hobi rahasia sang adik. Pada akhirnya ia malah menjadi ‘orang kepercayaan’ sang adik untuk menekuni hobi rahasia tersebut sembari berusaha memperbaiki hubungan persaudaraan yang selama ini tak begitu terikat dengan baik. Jangan lepaskan pandangan kalian dari imouto, maka kalian akan menemukan aura tsundere yang benar-benar tsundere.

oreimo

wajah moe imouto...
wajah moe imouto…

 

2. Bakemonogatari

Peringkat kedua diduduki oleh anime bergenre spirirtual. sebuah anime adaptasi dari ligt novel berjudul serupa karya Nishio Ishin. Cerita berpusat pada Koyomi Araragi, siswa SMA tahun ketiga SMA yang kembali menjadi manusia lagi setelah menjadi vampir untuk beberapa waktu. Suatu hari ia bertemu teman sekelasnya bernama Hitagi Senjoughara yang sangat pendiam tiba-tiba jatuh dari tangga dan menubruknya. Ia sadar bahwa ada yang aneh dengan teman nya itu sehingga ia menawarkan bantuan dan mengenalkan gadis itu pada salah seorang kenalannya. Sejak saat itu Koyomi jadi sering terlibat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berbau spiritual. Tak ada keraguan untuk memilih Hitagi sebagai kandidat cewek tsundere, pantas jika bakemonogatari sukses menarik hati penonton.

bakemonogatari1

bakemonogatari2

 

1. Toradora!

Ini dia yang paling ditunggu! Urutan pertama digaet oleh Toradora! anime yang satu ini menceritakan kehidupan bocah SMA bernama Takasu Ryuuji yang selalu dianggap menakutkan oleh teman-teman sekolahnya meskipun ia sudah bersikap sangat ramah. Hal itu disebabkan ia mewarisi tatapan mata sang ayah yang notabenenya adalah seorang gangster sehingga membuatnya malah terkesan mengintidasi bila bersikap ramah. Pada saat pengacakan kelas tahun kedua sekolah ia mengalami kesialan karena bertemu dengan Aisaka Taiga si penyandang julukan harimau kecil. Julukan itu cocok dengan sifatnya yang brutal tersembunyi pada tubuh yang kecil dan gesit. Ternyata diam-diam Taiga menyukai sahabat Ryuuji sedangkan Ryuuji menyukai Minori, sahabat Taiga sehingga mereka melakukan kesepakatan untuk saling membantu. Namun apa yang terjadi? Mereka malah semakin terlihat akrab satu sama lain seperti sepasang kekasih. Kata Toradora diambil dari nama Taiga (Tiger) yang dalam bahasa jepang adalah Tora, dan Ryuuji yang dijuluki naga (Dragon) bila dilafalkan pendek menjadi Dora(gon). Nah sudah kelihatan bukan? Dengan begini gelar ratu tsundere dianugerahkan kepada Aisaka Taiga! Selamat!

Toradora1

Toradora

Jika dilihat-lihat lagi dari rangkaian ranking diatas, ternyata ada satu kesamaan yang begitu kental dan melekat dalam setiap cerita. Kehidupan di SMA, kisah tsundere selalu bersetting dalam alur kehidupan abege SMA, sadar atau tidak, itulah kenyataan yang ada. Tidak percaya? Coba tonton lagi semua top rangking anime tsundere yang sudah Akibanation rangkunm diatas. Apapun genre nya, Horror, Action, Love-Com, bahkan sampai Science-Fic semuanya tak pernah lupa menambahkan setting SMA. Nah, setelah tahu kabar menarik ini, mana yang paling kalian sukai? Sudah memutuskan nya dengan segenap hati?

cuplikan Toradora!

Source : anikore.jp