Sisi romantis memang selalu ada dalam setiap anime. Entah emang cuman side story yang jadi penyegar diantara sepak terjang actionnya, sebagai plot twist pemanis buat serial horror penuh darah. Atau bahkan emang disoroti full sebagai genre utama. kalau sebagai genre mah mimin nggak heran lagi ya. Banyak anime romantis yang sukses bikin penontonnya banjir air mata, bahkan bikin iri.

Bah di tahun 2018 ini, Akiba Nation akan merangkum hasil survey yang dilakukan oleh Charapedia. Survey ini diikuti oleh sebanyak 10,000 responden. 53% pria dan 47% wanita berumur 40 tahun kebawah. Charapedia memberi pertanyaan:

“Anime romantis apakah yang bakal kalian tonton bersama pasangan kalian?”

Dari hasil survey ini akhirnya terpilihlah 10 top list anime romantis yang wajib banget kalian tonton bareng orang tersayang. Langsung aja deh ya, kita lihat listnya dibawah ini:

10 – Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu
9 – Kimi No Na Wa
8 – Isshuukan Friends

Ranking paling butut ada anime penuh friendzone dan penuh waifu sejuta umat Re:Zero. Mimin nggak begitu ngerti kenapa ini dimasukin kategori romance, tapi positif thinking aja lah ya, mungkin bisa buat nunjukin seberapa besar kesungguhanmu ke pacar. 😀

Disusul kemudian Kimi No Na Wa dan Isshuukan Friends yang bisa dibilang kode perwakilan dari “kalo jodoh mah nggak bakal kemana”. Cocok lah buat yang pengen ngenalin pasangannya pada dunia anime pemula.

7 – Honey and Clover
6 – Shigatsu Wa Kimi No Uso
5 – Sword Art Online

Diposisi selanjutnya ada trio anime romantis dimana salah satunyaa bisa bikin nangis berember-ember. Tapi menurut mimin pribadi sih nggak mimin sarankan buat nonton SAO. Karena yah,,, romantis sih tapi kalo nggak peka nggak akan ngena nih ceritanya. 😀

4 – Clannad

Mari masuk ke posisi 4 besar anime romantis paling top versi Charapedia ini. Clannad, bukanlah judul anime asing buat yang suka kisah kisah couple tragis. Selain alur ceritanya nggak bosenin, anime ini juga menyampaikan banyak nilai nilai penting dalam berumah tangga. :”)

3 – Tsuki Ga Kirei

anime romantis

Masih fresh, nggak nyangka banget peringkat ketiga malah diduduki oleh anime romantis keluaran tahun 2017. Menceritakan Kotaro dan Akane yang duduk di bangku kelas 3 SMA. Keduanya adalah sahabat baik. Semakin lama, hubungan merekapun semakin dekat. Sampai mereka lulus kuliah dan dewasa malah. Anime ini bagus karena alurnya mudah dimengerti tapi juga tidak sepasaran anime cinta cinta pada umumnya.

2 – Toradora

Peringkat kedua diisi oleh Toradora, love comedy yang menonjolkan harmoni perbedaan. Kisahnya berpusat pada Ryuji yang punya tampang seram dan tinggi, namun sebenarnya dia sangat baik hati. Disamping itu ada juga Taiga Aisaka yang merupakan tsundere akut. Punya tampang imut imut tapi kelakuan kayak macan. Anime ini mengikuti keseharian Ryuji dan Taiga yang mulanya sering bertengkar menjadi pasangan penuh cinta.

 

1 – Kimi Ni Todoke

Finally, yang paling juara adalah anime adaptasu dari karya Karuho Shiina. Kalo yang ini sih sudah nggak diragukan lagi. Mimin nggak mau ngasih spoiler ya. Silahkan ditonton sendiri dan kalian pasti berbunga-bunga saat mengikuti ceritanya. 🙂

Sekian rangkuman mimin tentang anime romantis paling best menurut survey. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 😀