10 Tokoh Anime Ini Memiliki Kepribadian Ganda yang Menyeramkan!!

Sering kali kita menemui karakter anime yang memiliki kepribadian ganda alias mengidap Personality Disorder. Kebanyakan dari mereka adalah tokoh berwatak lembut dan baik hati, tetapi ketika sisi gelap diri mereka menguasai alam bawah sadar, secara spontan mereka akan menjadi orang yang berbeda serta berperilaku terbalik. Tidak jarang sisi gelap diri mereka ini berlaku jahat dan menjerumuskan.

Memang terdengar menyeramkan, meski ada sedikit rasa unik atas ihwal yang satu ini. Karena karakter anime yang punya kepribadian ganda terlihat mencolok dari karakter lain. Perbedaan kedua sifat tersebutlah yang membuat para penonton tertarik dan menerka-nerka apa yang akan terjadi selanjutnya. Selalu penasaran dengan jalan cerita yang terasa tidak monoton disebabkan hadirnya tokoh berkepribadian ganda.

Merujuk pada beberapa list dari situs Orzzzz, Akiba Nation sajikan daftar 10 tokoh anime yang mempunyai kepribadian ganda. Apa saja? Yuk, kita simak bareng!

1 – Touko Fukawa / Genocider Syo (Danganronpa)

1-genocider-syo

Seorang gadis yang sangat cerdas, Touko Fukawa adalah seorang penulis berbakat yang telah menulis novel-novel best seller. Meskipun demikian, dia memiliki sisi gelap yang mengerikan. Bagaimana tidak? Touko yang dikenal mempunyai sikap canggung, pengecut dan takut darah menjadi orang dengan sifat sebaliknya, ganas dan psikopat saat bersin? Genocider Syo (atau Genosida Jack) adalah sebutan yang dititelkan terhadap stres kejiwaan yang dimiliki Touko. Meski berganti sifat saat bersin, Genocider Syo juga bisa menguasai alam bawah sadar Touko saat ia pingsan.

2 – Akito / Agito Wanijima (Air Gear)

2-akito-and-agito

Akito adalah laki-laki yang sangat manis dan feminin yang muncul dengan penutup mata, sekilas terlihat mirip perempuan. Sedangkan Agito mempunyai kepribadian yang dominan keras. Agito adalah sisi lain dari Akito yang sangat gagah dan arogan, tetapi amatlah peduli terhadap Akito. Ia muncul ketika Akito memerlukan bantuannya. Bahkan, karakter ini sempat memunculkan kepribadian ke-3 yaitu Lind yang merupakan hasil inception dari sang ibu: Gazelle Wanijima.

3 – D’Eon de Beaumont / Lia (Le Chevalier D’Eon)

Kepribadian Ganda

Jelas punya kepribadian ganda seperti tokoh-tokoh anime di atas, sisi lain protagonis bernama D’Eon de Beaumont sebenarnya diperoleh dari semangat adiknya yang sudah meninggal, Lia. Lia biasanya keluar selama perkelahian dan pembalasan dendam atas tragedi pembunuhan kejinya tersebut. Setelah bertransformasi, D’Eon memiliki rambut panjang dan penampilan yang lebih feminin. Karakter mereka berdua sebenarnya didasarkan tokoh sejarah kehidupan nyata, yakni Chevalier d’Eon.

Baca Juga: 10 Manga Shoujo Yang Direkomendasikan Para Lelaki di Jepang

4 – Allelujah / Hallelujah Haptism (Mobile Suit Gundam)

4-allelujah-and-hallelujah-haptism

Salah satu protagonis dari Gundam 00, Allelujah Haptism adalah seorang prajurit yang menderita kasus gangguan kepribadian ganda. Dikatakan hal ini akibat dari gelombang otak kuantum yang ia terima ketika dirinya menjadi bahan uji coba eksperimental. Allelujah adalah orang yang tenang dan lembut, sedangkan kepribadiannya yang lain sangat berbahaya dan sadis. Meskipun ia adalah seorang prajurit, Allelujah merasa menyesal ketika ia harus membunuh musuh-musuhnya. Hallelujah di sisi satunya tampak menikmati membunuh dengan membabi buta dan menghancurkan banyak hal.

5 – Jiyuu Nanohana / Jubei (Jubei-Chan: The Ninja Girl)

5-jiyuu-nanohana-and-yagu-jubei

Jiyuu Nanohana adalah seorang gadis SMA yang ceria serta pewaris Yagyu Jubei. Awalnya dia sangat enggan untuk mengenakan penutup mata berbentuk hati, yang dikenal sebagai The Lovely Eyepatch. Tetapi akhirnya dia mengenakannya dan menjadi pewaris Yagyu Jubei. Seiring waktu berlalu, Jiyuu memutuskan untuk menerima reinkarnasinya tersebut. Penutup mata yang disebut sebagai The Lovely Eyepatch itu tidak hanya menjadikannya pewaris Yagyu Jubei, akan tetapi juga membuat Jiyuu mendapatkan keterampilan seorang pendekar hebat.

6 – Fubuki Shirou / Atsuya (Inazuma Eleven)

6-shirou-and-atsuya

Setelah kehilangan saudaranya dalam kecelakaan mobil karena peristiwa longsor, Fubuki Shirou akhirnya memiliki kepribadian ganda. Kepribadian satunya itu didasarkan pada watak saudaranya, yang disebut Atsuya. Karena trauma yang disebabkan oleh kecelakaan, Fubuki juga menunjukkan gejala PTSD, takut suara keras yang terdengar mirip seperti longsoran salju. Fubuki adalah anak laki-laki yang sangat baik, lembut dan suka membantu rekan setimnya. Ketika ia berubah menjadi Atsuya, rambutnya berubah runcing dan matanya berubah warna. Sebagai Atsuya, dia ternyata lebih pendominasi dan sangat agresif.

7 – Sia / Kikyo (Shuffle! )

7-sia-and-kikyo

Sia, yang bernama lengkap Lisianthus, adalah satu-satunya putri dari Raja Dewa dan Cineraria, salah satu istrinya. Meskipun seorang yang berwatak agak ‘lamban’ di sekolah, kepribadian energiknya membuat namanya besar dalam nida olahraga. Sia juga terampil dalam pekerjaan rumah tangga. Gangguan kepribadian gandanya merupakan hasil dari keputusan nekat menyelamatkan Kikyo, saudara kembarnya. Tidak mampu bertahan hidup dalam rahim ibu mereka, Sia memutuskan untuk menempatkan jiwa Kikyo ini dalam tubuhnya sendiri. Kikyo menggantikan kepribadian Sia ketika Sia menjadi tertekan, atau ketika dia merasa bahwa dirinya perlu menjadi lebih tegas.

8 – Daisuke Niwa (D.N. Angel)

8-daisuke-niwa-and-dark

Daisuke adalah seorang anak laki-laki berusia 14 tahun yang sangat sporty serta kreatif. Dia merupakan protagonis dalam anime berjudul D.N. Angel. Daisuke akan berubah menjadi sosok yang disebut Dark jika memikirkan tentang Risa Harada, gadis sekelasnya yang disukainya. Dark adalah seorang pencuri ulung yang dapat mencuri barang apa saja. Berbeda dengan Daisuke yang sangat baik dan lembut, Dark sangat arogan dan suka menggoda perempuan. Meskipun mereka berdua tidak setuju dan sering beradu pendapat, tetapi mereka peduli satu sama lain seperti saudara.

9 – Moka Akashiya (Rosario + Vampire Moka)

9-moka-akashiya-vampire-moka

Akashiya adalah seorang gadis cantik yang memiliki kepribadian ganda paling menyebalkan. Kenapa begitu? Karena ketika Moka Akashiya berubah ke sisi yang satunya (vampir), ia akan menjadi sangat sombong dan egois. Tidak jarang juga dia mengatakan kata-kata yang sarkastis. Padahal dirinya dikenal sebagai gadis manis berambut merah muda yang sangat baik. Tetapi jangan harap Moka berperilaku baik saat rambutnya berubah putih.

10 – Harumi Chono / Maria (Paranoia Agent)

10-harumi-chono-maria

Dari anime Paranoia Agent, Harumi Chono adalah seorang peneliti paruh baya. Dia juga bekerja sebagai guru. Harumi Chono mungkin salah satu tokoh berkepribadian ganda yang paling horor dalam anime. Meskipun Harumi ingin hidup normal, hal tersebut dibuat sulit oleh gangguan identitas dirinya. Kepribadian lain Maria yang muncul adalah seorang wanita jalang atau pelacur. Biasanya muncul ketika malam tiba.

Itulah 10 tokoh yang memiliki kepribadian ganda. Dalam dunia nyata, ada beberapa orang yang mengalami masalah ini. Tetapi kebanyakan bukan sifat mereka yang berubah drastis (Multiple Identity Disorder), melainkan keadaan pola pikir mereka yang berbeda dari orang normal pada umumnya. Penyakit gangguan kejiwaan tersebut bisa dipaparkan secara ilmiah dan diobati. Beberapa penyakit gangguan kejiwaan yang terkenal adalah Skizofrenia dan Anoreksia.

SHARE
Previous articleDeuh… Gimana Yaa Rasanya Jadi Master para Servant di Fate Fan Cafe?
Next articleMakoto Shinkai Sukses Raih Keuntungan 10 Milyar Yen Lewat ‘Kimi no Na wa’
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.