Musik dan Anime mungkin sudah menjadi satu kombinasi yang sangat esensial saat ini. Namun bagaimana dengan Anime Musik? Anime yang tidak hanya menjadikan musik sebagai pelengkap untuk theme song maupun Opening atau Ending, tapi lebih dari itu, Anime Musik atau Musical Anime menjadikan musik menjadi titik sentral dari sebuah Cerita. Berbagai macam plot cerita dapat digambarkan lewat suatu anime dengan musik yang berpengaruh besar terhadap karakter maupun ceritanya. Terlebih lagi jika kaliian suka dengan musik, Anime Musik bisa jadi sangat melekat atau mengena di hati, dan bahkan bisa menjadi sumber inspirasi.

Maka dari itu, saya akan mencoba membuat list Anime Musik yang dapat dikatakan terbaik, dari segi cerita, efek yang ditimbulkan, maupun keterkaitan nya dengan Musik. Dan ingat kalian juga bisa selalu membuat atau mencantumkan list versi kalian sendiri di bagian comment. Maka berikut adalah Countdown 10 Serial Anime Musik terbaik:

10. Kin’iro no Corda

Anime yang diadaptasi dari Game dengan judul yang sama (La Corda Do’Oro versi Inggrisnya) memang menceritakan perjuangan karakter utama┬áKahoko Hino yang mengikuti sebuah kompetisi di sekolahnya. Anime ini tidak hanya dibumbui dengan musik, namun juga hal-hal magical dan ketertarikan Sang karakter utama dengan cowok-cowok yang menjadi lawan kompetisinya. Dan yang pasti tidak jarang kita mendengarkan komposisi-komposisi manis dalam anime ini.

9. White Album 2

White Album 2 juga merupakan adaptasi Game visual novel yang sudah dirilis sejak 2010. Untuk serial Anime nya sendiri baru dirilis pada Mei 2013 dengan 13 Episode. Dari plot cerita sendiri White Album 2 bercerita tentang kehidupan sekolah, yang melibatkan kisah cinta segitiga pada sebuah klub musik yang dinaungi oleh para karakternya. Meskipun lebih cenderung ke arah romance, namun anime ini juga menawarkan musik-musik yang berkualitas didalmanya.

8. Love Live! school idol Project

Jika kita membicarakan Anime Musik tentu saja tidak bisa melewatkan juga Anime bertema Idol. Namun di list ini saya hanya akan memasukkan satu Anime bertema Idol, mengingat banyak juga Anime dengan tema serupa yang tidak kalah booming. Maka dalam list Anime Musik kali ini, saya memilih memasukkan Love Live! School Idol Project, anime yang sudah mempunyai segudang penggemar, dan juga menjadi salah satu franchise yang cukup sukses. Dari segi cerita memang berpusat bagaimana karakter utama membentuk dan menjadi yang terbaik di Love Live! sebuah kompetisi Idol di sekolahnya. Yang membuat anime idol sangatlah menarik adalah kualitas cinematic Animasinya, di setiap konser yang ada dalam Anime tersebut pasti dibuat semenarik mungkin, dengan angle-angle layaknya konser sesungguhnya (atau bahkan lebih). Selain itu penggambaran karakter-karakter imut dan cantik, juga menjadi heroine tersendiri bagi para fansnya.

7. Detroit Metal City (DMC)

Salah satu Anime Musik yang mengangkat musik metal dalam plot ceritanya, namun tidak seserius Anime-anime musik sebelumnya, DMC dipenuhi oleh twist-twist yang akan mebuat kita terpingkal. Mengambil dari segi cerita karakter utamanya yang sebenarnya pemalu Soichi Negishi, penyuka musik-musik soft dan bercita-cita menjadi guru TK. Namun kenyataannya setelah lulus, dia malah tergabung di sebuah Grup band Metal, bernama Detroit Metal City yang identik dengan musik keras dengan lirik-lirik vulgar yang tidak jauh dari pembunuhan, kekekasan dan pemerkosaan, dimana ia menjadi gitaris dan vokalis utama (Krauser) dari grup band yang juga dipimpin dengan manajer wanita yang urakan tersebut. Dari setting seperti itu lantas DMC pun menjadi serial Anime yang sangat menghibur dengan highlight perjuangan Neghisi untuk lepas dari kelamnya dunia permetalan. Dan hidup bahagia, dengan pribadinya yang sebenarnya.

6. Tari Tari

Tari Tari juga merupakan anime musik dengan tema cliche seperti halnya beberapa Anime lain diatas (White Album, Love Live etc) dan Anime-anime berikutnya yang akan saya sebutkan. Bercerita tentang 5 Remaja yang dipersatukan oleh musik, dan membentuk sebuah klub grup vokal di akhir tahun ketiga sekolahnya. Setiap karakter memiliki background unik masing-masing yang membuat cerita semakin menarik. Anime seperti Tari Tari ini, memang dapat membuat banyak orang mungkin bisa terinspirasi. Cliche “zero to hero” yang disajikan dalam ceritanya masih terasa lebih nyata. Karena memang banyak orang menonton anime dan ingin mendapatkan inspirasi di dalamnya, jika kita melihat Anime action, mungkin isnpirasi itu tidak senyata Anime Musik, karena dengan anime musik, terutama anime dengan cliche “Zero to Hero” lebih terasa nyata dan masih mungkin di lakukan oleh mereka daripada fantasi atau kekuatan super yang diberikan di Anime Action.

5. NANA

Memasuki 5 besar, deretan Anime-anime berikut mungkin sudah memasuki kategori ikonik. Dan mengawali deretan 5 besar ada sebuah Anime yang diadaptasi dari Manga karangan Ai Yazawa, NANA. Selain mengangkat potret kehidupan musisi punk, namun juga menyajikan cerita yang sangat menarik dari kekuatan karakter masing-masing tokohnya. Kisah yang berpusat pada Nana Osaki dan Nana Komatsu, yang memiliki dua kepribadian yang sangat bertolak belakang, namun seiring berjalannya waktu dua kepribadian berbeda tersebut malah melengkapi satu sama lain menghadapi masalah-masalah yang timbul.

4. Shingatsu wa Kimi no Uso

Anime nya yang mulai tayang pada Oktober 2014, dikenal juga dengan judul Your Lie in April, Shingatsu wa Kimi no Uso menjadi salah satu Anime favorit baik bagi pecinta musik, dan tentu saja Romance. Shingatsu wa Kimi no Uso menawarkan cerita Romance yang sangat menarik, di anime ini juga plot yang ditawarkan juga bukan cliche seperti halnya kebanyakan Anime Musik. Shingatsu wa Kimi no Uso juga lebih terkenal dengan kisah romance nya yang sangat menyedihkan, namun Anime ini juga mempunyai sederetan musik klasik yang semakin menambah bumbu “bawang” untuk meneteskan air mata.

3. K-On!

Mungkin anime yang satu ini menginspirasi begitu banyak cewek di luar sana untuk memulai sebuah band. K-On! menjadi salah satu Anime Musik yang sangat digemari oleh banyak pecinta Anime. Masih dengan Cliche Zero to Hero, namun dengan keunikan karakter yang bisa menjadi Heroine layak nya idol, dan perjuangan gimana membentuk sebuah band dan menjadi yang terbaik. Keberhasilan K-On! mungkin memang karena kepiawaian sang penulis manga dan sutradara Anime dalam meramu High School Slice of Life Character yang notabene adalah jenis anime yang cukup digemari, dengan sebuah perjuangan dalam membuat grup musik. Soundtrack dari K-On! juga tidak kalah pamor, yang akhirnya menjadikan K-On! franchise yang sukses dengan berbagai Game dan Live concert.

2. Nodame Cantabile

Salah satu Anime musik klasik yang sangat ikonik yakni Nodame Cantabile. Mulai mengudara sejak tahun 2007, Anime yang satu ini mampu menyentuh banyak orang termasuk didalamnya pecinta musik, berkisah tentang romansa Musisi angkuh yang bercita-cita menjadi conductor dan sang murid Piano yang berbakat namun punya kebiasaan yang dibilang eksentrik. Nodame Cantabile sebenarnya adalah refleksi dari kepopuleran cerita romansa ala TV drama, namun dari Nodame Cantabile, cerita seperti itu bahkan lebih menarik lagi dalam bentuk Anime. Kepopuleran Manganya yang sudah terbit sejak 2001 juga menjadi booster dari Anime yang semakin membuat kisah cinta dan alunan musik indah dari Chiaki dan Noda menjadi legih terasa bagi para penggemar.

1. BECK

Apa yang kita harapkan dari menonoton Anime Musik? Kisah perjuangan yang membuat kita terinspirasi? Musisi berbakat yang membuat kita kagum? Musik yang keren untuk dimainkan di playlist kita? Cerita yang menarik untuk diikuti? Dan saya pribadi tidak bisa memberikan rekomendasi terbaik selain BECK. Yup, BECK mempunyai segala hal yang kita butuhkan untuk menikmati Anime dengan tema musik. Memang tidak seperti yang bertema musik klasik, tanpa kisah cinta yang mendayu dan tanpa bumbu heroine, BECK mencoba membawa kita ke perjuangan sekelompok anak muda yang mempunyai antusias dengan musik, dan mencoba berkarya di era post grunge, dengan selipan back story masing-masing karakter utamanya di perjalanan tersebut.

Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah ada anime musik favorit kalian yang ada pada daftar diatas? atau kalian punya rekomendasi lain atau bahkan lsit versi kalian sendiri? silahkan share dengan semua teman-teman pecinta anime disini.

  • sakamichi no apolon gk masuk ?

    • E. Rin

      Wahaha, Sakamichi no Apollon kurang nih pollingnya, akhirnya ga masuk deh… ­čśÇ
      mungkin karna nggak banyak yang tahu kali ya,,

  • Syarif Kazuto Hidayat

    Kenapa gk ada Idolm@ster? :/

    • E. Rin

      masih kalah sama love live kak :3