Content provided by Keepo. Teknologi kini berkembang dengan cepat, salah satunya adalah teknologi komunikasi. Dulu, orang-orang mengenal surat, telegram, hingga akhirnya ditemukan telepon pertama kali pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell.  Sejak itu, bentuk telepon selalu berevolusi dari memakai kabel penghubung hingga akhirnya menjadi nirkabel.

Baca Juga: Inilah Tampilan Full Cast Nisekoi Live-action in Costume!

Dari yang awalnya begitu besar hingga akhirnya bisa dibawa hingga ke mana-mana dengan mudah. So, ini dia evolusi teknologi komunikasi, bentuk telepon dari zaman dahulu kala hingga saat ini.

More article from Keepo.

1 – Tahun 1876, Alexander Graham Bell secara mengejutkan membuat sebuah penemuan yang sangat penting bagi dunia. Dia menemukan telepon pertama kali, meskipun bentuk telepon nya jauh beda dengan sekarang.

Tahun 1876, Alexander Graham Bell secara mengejutkan membuat sebuah penemuan yang sangat penting bagi dunia. Dia menemukan telepon pertama kali, meskipun bentuknya jauh beda dengan sekarang.

Alexander Graham Bell merupakan seorang ilmuan yang berkebangsaan Skotlandia. Dirinya menemukan telepon pertama kali setelah berhasil membuat sebuah alat yang bisa melakukan komunikasi jarak jauh. Hasil karyanya ini lalu dipatenkan di Amerika Serikat. Inilah yang menjadi awal mula telepon seluler yang begitu penting bagi setiap orang sekarang ini.

2 – 60 tahun berlalu, seorang desainer terkenal bernama Henry Dreyfuss menciptakan telepon modern untuk pertama kali.

60 tahun berlalu, seorang desainer terkenal bernama Henry Dreyfuss menciptakan telepon modern untuk pertama kali.

Henry Dreyfuss berhasil membuat bentuk telepon dalam satu kesatuan. Model telepon buatan Dreyfuss ini memiliki gagang telepon dan lingkar tombol untuk mencari orang yang ingin kita telepon. Telepon ini lalu dikenal dengan The Model 302 Phone.

3 – Tahun 1965, Perusahaan AT&T melakukan strategi bisnis untuk menjual telepon untuk masyarakat luas.

Tahun 1965, Perusahaan AT&T melakukan strategi bisnis untuk menjual telepon untuk masyarakat luas.

Telepon mulai dikenal oleh masyarakat dan mulai menggantikan fungsi telegram dan surat. Masyarakat saat itu merasa telepon menjadi sebuah teknologi penting dalam membantu komunikasi. Saat itu juga, telepon berubah menjadi lebih ramping dan dilengkapi dengan tombol angka dan tombol “*” dan “#” sebagai tombol untuk kode khusus.

4 – Harga telepon kabel yang cukup mahal saat itu, membuat munculnya inovasi telepon koin untuk umum.

Harga telepon kabel yang cukup mahal saat itu, membuat munculnya inovasi telepon koin untuk umum.

Kalo kamu anak milenial mungkin kamu nggak ngerti apa yang namanya telepon koin, atau mungkin kamu juga nggak paham dengan telepon kabel. bentuk telepon koin dulu sempat menjadi primadona orang-orang untuk menghubungi kerabatnya, terutama di era 1980-an. Cukup dengan memasukkan uang koin pecahan 100 perak pada saat itu, kamu bisa melakukan telepon selama beberapa menit.

5 – Disaat telepon umum mulai banyak ditemui, inovasi telepon tanpa kabel mulai ditemukan di tahun 1980an.

Disaat telepon umum mulai banyak ditemui, inovasi telepon tanpa kabel mulai ditemukan di tahun 1980an.

Seorang desainer telekomunikasi dari Inggris bernama John Stoddard membuat sebuah telepon nirkabel pertama yang dikenal dengan Dancall 5000. Namun, telepon ini masih menggunakan tombol angka dan berukuran cukup besar.

6 – Penjualan telepon mulai menggila ketika memasuki tahun 1990an. Sebuah inovasi telepon nirkabel yang lebih ramping mulai ditemukan di Jepang.

bentuk telepon

Telepon ini didesain oleh Takanobu Fujimoto dan diberi nama Talisman Telephone. Takanubo saat itu bekerja sama langsung dengan Mitsubishi Electronic Company untuk membuat inovasi telepon ini.

7 – Tahun 2000an, Handphone mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Tahun 2000an, Handphone mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Merek ternama seperti Nokia, Siemens, hingga Motorola mulai gencar memasarkan telepon jenis baru yang disebut handphone. Mereka menganggap bentuk telepon ini adalah sebuah terobosan terbaik dalam dunia komunikasi karena bisa memberikan kemudahan berhubungan secara mobile untuk para pemakainya.

8 – Bentuk handphone mulai beragam, hingga muncul type yang sangat unik dari Nokia bernama N-Gage pada tahun 2005.

Bentuk handphone mulai beragam, hingga muncul type yang sangat unik dari Nokia bernama N-Gage pada tahun 2005.

Nokia membuat sebuah peluncuran game handphone untuk pertama kalinya. Pertengahan tahun 2005 N-Gage muncul di pasaran, termasuk di Indonesia. Bentuknya yang lebih mirip game bot menjadikan handphone ini sebagai HP gaming terbaik di zamannya.

9 – Tahun 2007, teknologi komputer mulai diterapkan dalam handphone. iPhone pun muncul dan menjadi awal mula revolusi telepon genggam.

Tahun 2007, teknologi komputer mulai diterapkan dalam handphone. iPhone pun muncul dan menjadi awal mula revolusi telepon genggam.

Kemunculan iPhone pada tahun 2007 mengubah arah perkembangan telepon. Dari yang awalnya penuh dengan tombol lalu berubah menjadi layar sentuh. Canggih dan mungkin kamu menjadi salah satu penikmatnya sekarang. Tindakan berani iPhone memunculkan gadget pertama kali in lalu diikuti oleh beberapa pesaingnya seperti Samsung dan Nokia.

10 – Nggak hanya menjadi makin simple, iPhone lagi-lagi membuat sebuah terobosan dengan meluncurkan jam tangan yang bisa menjadi telepon pada tahun 2015.

Nggak hanya menjadi makin simple, iPhone lagi-lagi membuat sebuah terobosan dengan meluncurkan jam tangan yang bisa menjadi telepon pada tahun 2015.

Siapa yang menyangka jika jam tangan bisa menjadi alat komunikasi. Namun, iPhone merealisasikan hal ini dalam wujud iPhone Watch pada tahun 2015. Hal ini menjadi salah satu terobosan paling unik dalam dunia telekomunikasi, Samsung yang nggak mau kalah akhirnya juga membuat Samsung Gear sebagai pesaing lini jam ponsel.

Jadi, ada yang pernah nyobain bentuk telepon-telepon jadul di atas? Atau kamu udah terlalu keenakan sama teknologi smartphone zaman sekarang? Yah, kamu harus banyak bersyukur kalo nggak pernah ngerasain beberapa handphone jadul di atas. Seenggaknya sekarang kamu nggak perlu bawa telepon segede gaban ke mana-mana dan nggak perlu antre panjang sambil bawa koin. Ya, walaupun fakta getir soal fakir kuota makin banyak sekarang ini. Hahaha…