Di masa sekarang ini, game suda menjadi kebutuhan yang mirip dengan makanan sehari-hari. Mulai dari game play station, pc, bahkan sampai game yang mudah dimainkan dimana saja dan kaban saja seperti android mobile game.

Baca Juga: Rekomendasi Otome Game Buat Para Pecinta Ikemen #Part 1

Ngomongin tentang mobile game, baru-baru ini di jepang, ada sebuah survey yang bertujuan untuk mencari tahu apa sih kira-kira game paling digemari netizen saat ini?. Survey tersebut diadakan oleh Smartprise. Yang melibatkan sekitar 2017 respondem dari kalangan user gamers. Dari hasil survey para gamers inilah akhirnya ditentukan 10 mobile game paling sering dimainkan oleh orang jepang sampai sekarang.

Kira-kira mobile game apa pemenangnya? Yuk akiba-chan dan akiba-kei simak artikel ini sampai habis ya. 😀

10. Jikkyou Pawafuru Puro Yakkyu (Real-life Powerful Pro Baseball)

Developer: KONAMI

Ranking paling bontot diisi oleh game sport series yang sebelumnya juga merilis versi sepak bola. Ini adalah mobile game realistik yang membuat player seolah benar-benar menjadi pemain baseball. Jadi kalian secara nggak langsung harus pinter mukul bola tuh kalo pengen dapet skor tinggi. Kayaknya karena cukup bikin naluri tertantang jadi banyak yang main si Powerful Yakkyu sih.

 

9. Shadowverse

Developer: Cygames

Nah kalau mobile game ini merupakan game digital collectible card. Shadowsverse menyajikan lebih dari 600 kartu yang dapat dikoleksi dan dimainkan. Tapi butuh duit banyak untuk mendapatkan/menyummon kartu SSR rank dengan wujud indah dan seiyuu keren. Hmm… mungkin ini yang bikin dia cuman nangkring diposisi 9.

 

8. Shironeko Project (White Cat Project)

Developer: COLOPL, Inc.

Dikenal sebagai game RPG “satu sentuhan”. Meskipun memiliki embel-embel RPG, mobile game ini memiliki cara main yang lebih simple. Player bisa bermain melawan musuh dalam 3D style baik solo maupun berkolaborasi bersama teman. Sayangnya harga item yang lumayan mahal bikin dia cuman nyampe di posisi delapan.

 

7. Ensemble Stars!

Developer: Happy Elements

Siapa yang tidak kecantol sama game idoling yang satu ini. Ensamble Stars adalah collecting card game (CCG) yang dirilis pada 28 April 2015. Dalam ceritanya, player masuk ke sekolah swasta khusus cowok Yumenosaki sebagai trainer bagi para siswa mereka agar dapat menjadi top idol. Di dalamnya juga terdapat cerita utama yang tergabung dalam main story, dan cerita berbeda di side story. Nggak cuman game, animenya pun sudah ramai disambut oleh fans.

 

6. Granblue Fantasy

Developer: Cygames

GBF, salah satu game RPG yang suka tebar garam di timeline nih. Seperti game-game jepang lainnya, mereka memiliki banyak karakter dengan design menawan. Memainkan GBF juga dipercaya sangat menyenangkan sehingga dapat dengan cepat terkenal di seantero jagat pertarungan. Tapi katanya dapet SSR nya susah minta ampun. 😀 Itu kali ya alasannya netizen jepang semangat main.

 

5. Love Live! School Idol Festival

Developer: KLab

Meskipun sama-sama bertema idol,  tapi game ini lebih menitik beratkan pada song rhythm. Dan… ya… nggak usah diragukan lagi. Kepopulerannya naik sejalan dengan project lainnya seperti manga, anime dan event mereka. Bahkan seri ini juga terkenal dengan fans nya yang sangat amat alay dan fanatik. 😀

 

4. Monster Strike

Developer: Mixi

Mesih dengan bentuk RPG, sebuah game hunting yang hampir sama dengan seri Pokemon ini ternyata sangat digemari netizen jepang. Apalagi selain hunting, palyer bisa bertarung dan mengumpulkan para monster keren dan story yang jempolan. Monster Strike punya koleksi lebih dari 1000 monster lho! Pantes aja ya banyak yang jatuh cinta.

 

3. The iDOLM@STER -Cinderella Girls Starlight Stage-

Developer: Cygames, Metro, Bandai Namco

Akhirnya, posisi ketiga dimenangkan oleh The iDOLM@STER. Sama kayak Love Live sih, karena game ini juga menginspirsai berbagai project besar seperti anime, arcede, audio drama dan event lainnya. Di dalam mobile game bertema trading card rhythm ini player akan dipoisiskan sebagai produser-san. Yang harus menyukseskan lebih dari 50 idolnya. Yah emang dasarnya orang jepang suka yang kawaii kawaii ya. Nggak heran kalau tiga besar pertama digaet oleh game yang penuh dengan idol cantik. 😀

 

2. Puzzle & Dragons

Developer: GungHo Online

Nah ini yang nggak nyangka banget. Padahal di posisi 10 sampai 3 berhamburan RPG dan Idol. Yang menyabet posisi kedua malah game bertema puzzle. Menjadi satu-satunya game golongan “gampang” nggak melulu bakal dianggap sampah kok. Buktinya nih orang jepang suka banget memainkan mobile game ini.

Mungkin karena dalam ceritanya mengharuskan strategi khusus yang mirip mirip role-play kali ya. Tapi emang cara mainnya gampang-gampang susah. Akiba-chan dan akiba-kei perlu menarik garis dari bola-bola dengan warna sama untuk memunculkan serangan kearah musuh dan membersarkan naga kesayangan kalian. Gimana? Tertarik main game paling populer dikalang orang jepang ini juga nggak nih jadinya?

 

1. Fate/Grand Order

Developer: Type-Moon & DELiGHTWORKS

Finally, ini dia mobile game yang paling sering dimainkan orang jepang sekarang. Dibuat berdasarkan inspirasi dari Fate Stay Series. Game ini merupakan online RPG yang dimainkan dengan cara menyerang bergiliran. Player dapat menyummon servant yang harus dibesarkan dengan benar. 😀

Baca Juga: 10 Servant Fate/Grand Order Paling Sexy Menurut Survey

RPG ini juga bikin player banyak mengabiskan duit karena SSR hanyalah sebuah impian. Tapi entah mengapa orang jepang sangat menyukainya. Mungkin karena battlenya keren kali ya. Selain itu emang penampakan dari desain tiap karakternya menggoda iman. Saking disukainya, banyak cosplayer yang turut menggaet game ini sebagai project cosplan mereka. Yang kebanyakan juga player dari game itu sendiri. 😀

Comments