Di Indonesia, budaya makan siang bersama yang disediakan oleh sekolah mungkin masih sangat asing. Tapi kalau di jepang, hal ini sudah menjadi kebiasaan. Terutama bagi anak-anak sekolah dasar dan menengah. Meskipun ada tim bibi kantin yang ditunjuk oleh dewan sekolah untuk memasak, pembagian menu makan siang anak sekolah jepang tetap dilimpahkan kepada piket dalam kelas masing-masing.

Hal ini bukan berarti bibi kantin malas mengurusi lho ya. Tapi merupakan salah satu cara orang jepang agar dapat membuat anak-anak belajar mandiri serta bertanggung jawab. Nah situs Goo Rangking, kemarin baru saja membuka survey kepada netizen jepang yang melibatkan sekita empat ribu orang. Survey ini menanyakan “Apa saja sih menu makan siang di jaman SD atau SMP yang paling dirindukan sampai tua?”

Dan jawabannya sungguh beragam. Dibawah ini ada 10 menu makan siang sekolah jepang yang mendapat polling terbanyak. Mungkin beberapa diantaranya kalian sudah sering melihat di dalam anime/manga. Tapi ada juga menu yang jarang dikenali. Yuk langsung aja ya… 🙂

 

1. Roti Goreng Kinako

Menu makan siang paling dirinndukan orang jepang setelah mereka dewasa ternyata adalah roti ini. Lebih dari 500 orang menyatakan sangat suka dengan roti goreng Kinako. Roti ini bertektur lembut seperti donat tapi diselimuti remahan tepung kinako yang nikmat. Konon katanya, menu ini tidak selalu ada setiap minggu. Bahkan bisa dikatakan sangat jarang. Jadi wajar bila anak-anak sangat menyukainya dan terkenang sampai mereka dewasa.

 

2. Mie dengan Saus Daging

Menurut netizen jepang, menu ini hampir bisa disejajarkan dengan spaghetti bolognese. Namun bedanya, mie nya diganti dengan mie jepang jenis lembut seperti udon. Disajikan panas-panas dengan disiram saus daging yang gurih.

 

3. Nasi Rumput Laut

menu makan siang

Posisi ketiga menu makan siang sekolah jepang yang paling dirindukan adalah Nasi. Ya… sama kayak orang Indonesia, orang jepang juga suka banget sama nasi kok. Bedanya sih, nasi ini dimix dengan potongan rumput laut segar. Nama kerennya adalah Wakame Gohan.

 

4. Buah Jeruk

Nggak diduga banget. Salah satu menu yang bikin kangen adalah jeruk frozen yang biasanya disajikan sebagai pencuci mulut. Nggak dijelaskan sih kenapa mereka seneng banget sama buah yang satu ini. Mungkin ketimbang rasa nikmatnya, lebih ke sensasinya saat makan bersama teman. 😀

Baca Juga: Ini Dia Anime Kuliner Wajib Tonton Yang Bikin Ngiler Penonton

 

5. Ikan Paus Goreng

Ini juga nggak kalah aneh. Jaman dahulu, menu makan siang ini ada karena di jepang harga daging paus lebih murah ketimbang daging lainnya. Bahkan cukup ngetrend di tahun-tahun tertentu. Namun karena dunia mulai mengkampayekan anti penangkapan paus, menu makan siang ini akhirnya dilarang dan dihilangkan.

 

6. Milmake

Melmake merupakan salah satu jenis susu yang disajikan dalam wadah plastik lonjong. kalau disini seperti es wawan kali ya. Jadi ada beragam rasanya juga. Menu ini termasuk yang sangat dirindukan karena sekarang cukup sulit ditemukan. Selain itu sensasinya saat menggabungkan berbagai rasa dari incip punya teman menjadi alasan tambahan. 😀

 

7. Mie Kare

Menu makan siang ini sebenarnya biasa sih. Sepiring kare favorit sejuta umat disajikan bersama mie. Meskipun bisa bikin sendiri dirumah tapi pasti rasanya beda sama yang disekolah. bener nggak?

Baca Juga: 10 Resep Appetizer Jepang Mudah dan Anti Gagal #Part 2

 

8. Miso Ramen

Miso ramen juga bisa kalian beli hampir si seluruh outlet mie jepang. Baik yang bintang lima maupun yang kaki lima. Tapi kembali lagi sih, ramen dengan kuah miso buatan ibu kantin adalah penyelamat paling mewah bagi anak sekolahan.

 

9. Fruit Cocktail

Menu manis yang menyegarkan. Biasanya sih muncul pada saat musim panas. Selain rasanya yang enak, menu makan siang ini juga kaya akan vitamin lho. Meskipun nggak semua siswa suka sih.

 

10. Susu Kotak

Nah yang terakhir ini sudah sangat biasa sebenarnya. Bahkan sampai di jaman SMA pun bisa ditemui dengan mudah. Kalau di jaman sekolah SD dan SMP, susu kota menjadi menu makan siang pelengkap yang biasanya disajikan bersama roti, salad dan sup. Apalagi yang ichigo milk, pasti akiba-chan dan akiba-kei pun nggak merasa asing kan? 😀