Kebanyakan serial manga, pasti diterbitkan pada majalah atau media yang sesuai dengan peminatnya. Minat ini tentu saja berdasarkan dua genre besar yang membagi pembaca secara umum. Yakni manga shoujo yang biasanya bertekstur lebih halus dengan cerita kompleks, ditujukan bagi pembaca perempuan. Serta Shounen yang lebih ‘brutal’ dan biasanya banyak memuat action atau psikologi bagi pembaca laki-laki.

Tapi tidak selalu cewek suka genre shoujo dan cowok melulu baca shounen lho ya. Terkadang ada juga cowok atau cewek yang melirik atau bahkan lebih suka melihat genre kebalikannya. Menanggapi hal tersebut, mantan web baru-baru ini menerbitkan hasil survey dengan responden sekitar 560 orang cowok tentang manga shoujo apa yang mereka sukai dan rekomendasikan bagi pembaca laki-laki. Dalam survey tersebut juga ditanyakan secara rinci tentang apa yang pertama kali membuat mereka tertarik untuk membaca manga shoujo tersebut.

Dari hasil survey membuktikan bahwa kebanyakan pembaca cowok tertarik dengan manga shoujo karena karakter utamanya keren/cantik. Lalu suara terbanyak kedua karena terdapat adegan romantis seperti kabe-don, dan beberapa gerakan romance agresif. Yang membuat mereka bersemangat seolah ikut merasakan masa muda bila membacanya.

Lalu masih menurut survey itu juga, terpilih 10 mang shoujo yang paling direkomendasikan oleh pembaca laki-laki di jepang. Susunan rankingnya adalah sebagai berikut:

manga-shoujo-akibanation

10 – Aozora Yell
9 – Nodame Cantabile
8 – Natsume Yuujinchou
7 – Patalliro!
6 – Banana Fish
Dari nomor 10 sampai 6 ini beragam sekali yang dapat menarik perhatian pembaca cowok. Terbukti nggak cuma yang cinta-cintaan saja. Kebanyakan memang punya bumbu komedi sih. Tetapi nggak nyangka juga ada cowok yang suka baca nomor 7, padahal ada bau-bau shounen-ai nya, Hahahahahahaha. 😀

Baca Juga: 10 Aktris Paling Kawaii Menurut Survey di Jepang

Lalu untuk ranking 5 keatas, rata-rata dipilih oleh responden karena memiliki alur cerita petualangan, atau kisah kekeluargaan. Layak lah kalau ternyata yang nomor 1 dan 2 nangkring sebagai manga shoujo paling direkomendasikan. Si ranking satu dibawah ini mengemas cerita antara romance dan perjuangan anggota club yang solid, yep, dua unsur ini menjadi point utama yang menarik bagi para pembaca cowok.

5 – Fruits Basket

fruits-basket-full-1184174

4 – Hachimitsu to Clover

animepaperscans_honey-and-clover_bouinbouin069_3467x5057_177015

3 – KIMI NI TODOKE

kimi-ni-todoke-kimi-ni-todoke-26326331-1739-2560

2 – ORE MONOGATARI

volume_10

 

1 – CHIHAYAFURU

chihayafuru_season_1

Kalau akiba-kei sekalian bagaimana? adakah manga shoujo yang jadi favorit kalian? 😀

  • Ilham Abdi

    Chihayafuru pantes jdi nomor 1