Halo akiba-chan dan akiba-kei. Udah bulan agustus aja nih. Siapa yang tadi ikutan upacara hari pramuka? Atau mungkin lusa ikutan upacara Kemerdekaan? πŸ˜€ Sabra ya kalau lagi kepanasan. Nungguin anime juga baru tayang beberapa episode juga bikin panas kok. Apalagi kalau sambil liat drama bertebaran di timeline. Awas bisa panas ati tuh. Oleh karena itu. Penulis ingin berbagi nih. Beberapa minuman dan makanan musim panas jepang yang mungkin…. bisa jadi pelarian kalian saat kepanasan. πŸ˜€

Apa aja ya kira-kira? Langsung aja deh cekΒ minuman dan makanan musim panas jepang dibawah ini:

1 – Soumen

Akiba-chan dan akiba-kei pecinta makanan jepang pasti kenal ramen kan? Nah, soumen adalah jenis ramen yang disajikan dalam keadaan dingin. Kalau biasanya ramen disajikan dengan kuah panas, Soumen malah direndam dulu dalam es batu supaya lebih dingin. Saat dimakanpun soumen tidak menggunakan kuah, melainkan diganti dengan celupan tsuyu.

 

2 – Hiyashi Chuka

Hiyashi Chuka terkenal kaya rasa dan warnanya yang menggoda selera. Makanan ini tersusun dari mie dingin, telur, ham, seafood dan berbagai sayuran. Lalu disiram dengan saus wijen dan shoyu (kecap asin). Rasanya sangat kuat dan segar. Sehingga sangat cocok dimakan saat musim panas.

Baca Juga:Β Inilah List Restoran Halal di Jepang Terpopuler (Part 1: Osaka)

 

3 – Rei Shabu

Merupakan versi dingin dari Shabu Shabu. Tau kan? Jenis nabemono yang biasanya terdiri dari daging, sayuran dan kuah dashi. Nah kalau Rei Shabu ini nggak ada kuahnya. Sebagai gantinya, dimakan dengan saus tartar atau sejenis itu. Tentu saja danging yang di Rei Shabu sudah dimasak terlebih dahulu. Hmm bisa dibilang sih lebih mirip salad.

 

4 – Ayu

Ayu adalah jenis ikan air tawar yang biasanya dimasak fresh saat musim panas. Nama lain ikan ini adalah sweetfish. Yup, ikan ini memang punya sensasi manis-manis gimana gitu. πŸ˜€ Ikan ayu bisa dengan mudah kalian jumpai di booth-booth saat ada festival. Meskipun selama musim panas sih emang banyak yang jual. Biasanya dimasak dengan cara dibakar dan di panggang.

 

5 – Yakitori

Versi indonesianya adalah sate ayam. Tapi bedanya sate disana lebih beragam. Kalo disini mah dagingnya doang kan ya kebanyakan. Yakitori di jepang menyediakan beberapa pilihan seperti baso bakar, iga, jeroan, tulang muda, kulit sampai sayap. Yakitori sangat merakyat dan lezat dinikmati dalam berbagai versi. Baik dimakan begitu saja ataupun pakai nasi.

 

6 – Tokoroten

Bentuknya bening seperti mie. Gliyur gliyur menggugah selera. Namun jangan salah kaprah. Tokoroten bukanlah jenis mie. Makanan ini termasuk dessert dan terbuat dari jelly rumput laut yang dingin lalu diserut sehingga menyerupai mie. Makannya pun rada melenceng dari dessert kebanyakan. Nggak pake sirup manis tapi pakai shoyu dan taburan seperti nori. Berani coba?

 

7 – Anmitsu

Kalau yang ini dessert sejuta umat. Anmitsu sangat terkenal baik di kalangan orang jepang maupun wisatawan. Sejatinya sih bisa dinikmati kapan saja. Termasuk saat musim semi dan gugur. Asal jangan pas musim dingin aja kalau nggak pengen gigimu copot kerena kedingingan πŸ˜€ Anmitsu dibuat dari gabungan manisan antara lain: irisan buah segar, shiratama, pasta anko, ice cream, jelly dan disiram dengan saus maple.

 

8 – Mizu Manju

Mizu Manju merupakan variasi dari Manju atau bakpao. Terbuat dari tepung, gandum dan diisi berbagai macam isian kacang(yang paling terkenal anko). Bedanya, Mizu Manju hanya tersedia saat musim panas. Bahannya pun agak berbeda yaitu tepung kuzu yang menghasilkan manju bening seperti jelly, tapi bukan jelly. Ya gitu deh pokoknya πŸ˜€

 

9 – Suika

Oke, ini khas musim panas banget. Nggak perlu dijelasin lebih lanjut kayaknya. Akiba-chan dan akiba-kei pasti tahu. Tips aja deh. Konon biar lebih nikmat, saat makan suika harus ditaburi dengan sedikit garam.

 

10 – Ramune

Minuman ringan berkarbonasi yang seger banget (katanya). Ramune dapat dibeli di berbagai toko kelontong atau jidouhanbaiki. Tersedia dalam berbagai macam rasa buah buahan. Psstt… konon katanya, saat musim panas begini orang jepang lebih suka minum ramune ketimbang minuman karbonasi lain macam C*ca C*la atau F*nta.

 

11 – Kakigori

musim panas

Kakigori merupakan jenis jajanan yang berupa es serut. Ya, Cuma es yang diserut doang. Terus ditambahin berbagai sirup rasa-rasa dan sedikit topping. Gini doang tapi emang ampuh banget lho mengusir dahaga saat kepanasan. Di jepang, hampir setiap sudut toko di musim panas bakal menyediakan menu Kakigori. Apalagi di tempat wisata seperti pantai.

Kalau di Indonesia, akiba-chan dan akiba-kei bisa mencicipinya saat mampir ke event jejepangan. Yaa meskipun mungkin sensasinya nggak sama. Tapi setidaknya tau lah bentuknya kakigori itu kayak apa.

 

12 – Pop Slice

Kalau kalian nggak suka kakigori karen disendok sekali langsung habis bisa cobain beralih ke ice cream jenis pop slice. Anak sekolahan sering banget nih makan pop slice saat musim panas. Makanan sakral ini juga kerap muncul dalam manga atau anime. Biasanya kemasan batangan berwarna biru segar.

Nah, udah penulis sebutin tuh apa aja yang seger seger. FYI, kebanyakan dari makanan diatas dapat kalian dapatkan di kedai-kedai bernuansa jepang atau toko khas macam P*paya kok. Atau kalau mau lebih enak sih, kalian bisa mencari daftar resepnya di google. Lalu praktek masak sendiri dirumah. Selain lebih hemat, misa mengasah skill untuk membahagiakan calon suami. πŸ˜€ Ngarep boleh kan,,, siapa tau nanti dapet orang jepang kan harus bisa masak masakan sana πŸ˜›

Comments

Loading...