Baik orang yang sudah familiar maupun masih awam , kalau mendengar kata “Jepang” disebut pasti banyak hal yang melintas dikepala. Mulai dari anime nya, game nya, jav nya, film dan doramanya, aktor gantengnya, atau bahkan karakter – karakter ikonik yang bikin kita hafal banget.

Menanggapi hal tersebut, seperti biasa, sutus ranker jepang Goo Ranking akhirnya mengeluarkan survey baru. Dalam survey ini dikeluarkan pertanyaan tentang “karakter ikonik apa sih yang mewakili ingatan jepang banget?”.

Jika biasanya survey atau polling dari Goo Ranking cuman dikeluarkan untuk user jepang, kali ini bisa diikuti oleh orang asing. Bahkan disebar ke berbagai media yang banyak digunakan oleh gaikokujin. Dan hasilnya, ada 10 karakter ikonik yang pasti sudah akiba-chan dan akiba-kei kenal diluar kepala. 😀

Siapa saja mereka? Yuk simak hasilnya dibawah ini. Penulis rangkum dari juara 1 sampai juara 10 ya. Check this out!

1 – Doraemon

Ternyata, karakter ikonik yang paling mewakili jepang adalah DORAEMON. Tokoh utama dari serial karya Fujiko F. Fujio ini memang sudah populer sejak jaman dahulu. Bentuknya yang lucu membuat Doraemon mudah diingat oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain itu, peran makin terkenalnya juga karena ia diangkat sebagai icon “anime ambassador” oleh Kementrian Luar Negeri Jepang di negara-negara yang bekerjasama dengan mereka. Yaaa… mirip-mirip Mickey Mouse yang dikenal ikoniknya AS gitu kali ya.

2 – Pikachu

Karakter ini juga menjadi ikon yang mewakili jepang karena bentuknya yang lucu. Mirip binatang, kuning mencolok, dan tontonan semua orang. Kesuksesannya menjadi karakter ikonik jepang tak lepas dari kesuksesan seriesnya yang mendunia, yaitu Pokemon Series. Bahkan kepopulerannya masih terus berkembang secara signifikan selama lebih dari 20 tahun lho!

3 – Super Mario

Tidak diragukan lagi. Karakter gendut dari game yang melegenda dari Nintendo ini berhasil mencuri hati banyak fans. Terutama di luar jepang. Di sini juga kayanya banyak yang suka sih. Kalau akiba-chan dan akiba-kei ada yang gemar dengan game pasti ingat si Mario saat ditanya tentang jepang.

Saking terkenalnya, bahkan perwakilan ajang ratu kecantikan jepang dan PM Abe bercosplay jadi Super Mario saat menyambut Olimpiade 2020.

4 – Anpanman

Karakter Ikonik jepang

Di posisi ke-empat ada Anpanman. Karakter ikonik pilihan dari anak-anak maupun dewasa yang sangat menggemari anime. Meskipun sebenarnya penulis meragukan sih di luar negeri bakal banyak yang kenal Anpanman atau enggak, namun sebagai pemburu “kartun” sejati, penulis sangat ingat dengan wajah super hero jepang yang satu ini.

5 – Hello Kitty

Karakter jebolan Sanrio ternyata juga mampu menduduki posisi ke-lima dari 10 besar. Hello Kitty merupakan ujung tonggak icon kawaii (cute) di kalangan orang jepang. Dan lama-lama menyebar di berbagai belahan bumi lainnya. Nggak heran juga sih kalau orang mengenal jepang dari si HK ini. 😀

6 – Son Goku

Fenomenal petisi likes facebook yang bikin seorang gaikokujin menamakan anaknya dengan Son Goku. Turut menandai bahwa karakter dari serial Dragon Ball ini cukup mewakili eksistensi jepang di luar sana. Dan ya, Son Goku merupakan sebuah karakter panutan bagi para cowok-cowok penyuka anime dangan tema action fantasy. Bahkan kadang ada yang sampai neglantur mimpi punya kekuatan super macem Goku.

7 – Totoro

All hail GHIBLI. Nggak cuman Totoro aja lho sebenarnya minna. Menurut penulis malah, hampir seluruh tokoh utama anime besutan Hayao Miyazaki patut dinobatkan sebagai karakter ikonik jepang. Karena disini emang bagus, sosoknya memang sangat mudah diingat oleh orang awam sekaligus. Tapi sayang berdasarkan polling ini Totoro hanya bisa memasuki posisi ke-tujuh.

8 – Gundam

Denger kata “robot dari jepang”? Yha pasti merujuknya ke Gundam nih. Serial ini lebih mewakili aksistensi jepang di mata para kolektor maian sih. Karena banyak banget karakter keren di dalamnya. Seolah menghadirkan tagline tersendiri: “oleh oleh robot jepang, ya Gundam, belinya di Pr*mium Bandai yang harganya nggak bisa disetarain sama mainan recehan.” 😀

9 – Godzilla

Nah kalau yang ini serpetinya merupakan karakter ikonik pilihan para penggemar film layar lebar. Buat akiba-chan dan akiba-kei yang punya teman yang anti jepang sekalipun. Memuja-puja karya eropa-amerika, menyebut anime dengan sebutan kartun, dan paling anti sama dorama. Tapi kalau ditanya tentang jepang pasti dia masih kepikiran satu hal: Gozilla.

Karena emang pas tayang di bioskop, ini film dengan karakter monster unyuk dirender sama orang barat sih. Sampai akhirnya mereka sadar kalau Gozilla ini merupakan produk jepang. Jadi pas ditanya tentang jepang ya yang paling ikonik Gozilla doang. 😀 Bener nggak nih?

10 – Sailor Moon

The last one. Dewi-dewi berkekuatan super idola semua umat, Sailor Moon berhasil masuk menjadi salah satu karakter ikonik untuk jepang. Dikenal sebagai “pahlawan dengan kekuatan bulan yang datang untuk membela kebenaran”. Keberadaan Sailor Moon begitu tertanam di hati para fans nya.

Nggak cuman orang-orang golongan jadul seperti penulis yang mengingat jepang dengan ikon Sailor Moon. Penulis yakin anak-anak kecil jaman sekarang pun masih banyak yang suka nonton Sailor Moon sebagai kartun jepang terfavorit. Sehingga eksistensinya mudah diingat dan nggak gampang pudar.

Yoshha…. Akhirnya selesai juga list 10 karakter ikonik yang mewakili eksistensi jepang dalam ingatan banyak orang. Dari kesepuluh karakter diatas ada nggak sih yang sangat mewakili ingatan akiba-chan dan akiba-kei tentang jepang? Kalau penulis dan mimin Akiba Nation sih hampir semuanya tuh. Apalagi yang Pikachu… emang top markotop banget. 😀

Comments

Loading...