Seperti yang akiba-chan dan akiba-kei tau. Belajar bahasa jepang memang tidak bisa lepas dari kanji. Ya, karena kanji merupakan salah satu jenis huruf paling sering digunakan di negara jepang. Nah, karena dalam artikel terdahulu Akiba Nation sudah pernah membahas deretan kanji tersulit, kali ini kita akan melihat kanji paling disukai oleh orang asing (luar jepang). 😀

Baca Juga: Wasei Eigo, Mengenal Deretan Bahasa Inggris Buatan Orang Jepang

Dalam artikel kali ini, penulis akan merangkum 10 kanji paling disukai oleh orang asing versi Kouka Awazu. Fyi, buat kalian yang belum tau, Beliau adalah master kaligrafi ternama yang telah mendirikan sekolah kaligrafi lebih dari 25 tahun. Sekolah ini sudah membina murid sekitar sepuluh ribu orang lebih dan memenangkan berbagai penghargaan.

Kaligrafi di jepang sangatlah erat dengan kanji. Selain itu beliau juga sudah puluhan tahun mengajar baik murid dari dalam maupun luar jepang. Tak heran bisa Kouka-Sensei sangat mengenal jenis kanji apa saja yang disukai muridnya.

Berikut adalah kanji paling disukai orang asing beserta alasannya:

1 – Bi 美

Kanji ini memiliki arti “indah (beauty)”. Bi menjadi huruf kanji paling disukai karena terlihat simpel dan bermakna bagus. Kebanyakan orang asing memakai kanji ini untuk disisipkan pada hadiah bagi orang tersayang.

2 – Kaze 風

Nah kanji kedua yang paling populer adalah kanji angin. Biasanya sih yang suka sama kanji ini kebanyakan adalah pembelajar cowok. Karena menurut mereka cara penulisannya cukup fleksibel dan terkesan cool.

 

3 – Michi 道

Posisi ketiga diisi oleh kanji dengan arti jalan. orang asing biasanya suka menulis Michi karena memiliki bagian bawah memanjang yang ditarik melengkung seperti kapal. Hmm i know dat feel 😀

 

4 – Hibiki 響

Kanji hibiki menjadi kanji paling disukai orang asing karena terdiri dari “oto” yang menopang banyak coretan keriting diatasnya. Hahaha ada-ada aja. Penulis sih jujur males nulis yang ribet kayak gini.

 

5 – Yume 夢

Artinya adalah mimpi. Disukai karena literally artinya bagus dan menginspirasi. Baik di jepang maupun di belahan dunia lain, mimpi selalu menjadi satu kata yang mewakili harapan dan masa depan.

 

6 – Tabi 旅

Kanji yang biasanya menempel pada kalimat “ryokou (jalan-jalan)” ini menjadi populer karena sering didengar bagi warga asing.

 

7- Hataraku 働

Kombinasi kanji orang, berat dan kuat menjadi semangat tersendiri saat menulis. Btw, kanji ini memiliki arti bekerja. So… orang asing jadi bersemangat dengan kerja keras agar dapat menulisnya.

 

8 – Ai 愛

Cinta. Merupakan kanji paling disukai orang asing karena menyimbolkan makna mendalam. Apalagi kanji ini dibuat dengan fusion kokoro yang semkain menambah elegan.

 

9 – Hana 花

Berbeda dengan kaze yang populer dikalangan para pria. Kanji bunga ini lebih lekat pada pembelajar perempuan. Tentu saja karena terlihat feminin dan cara menulisnya pun cukup menawan.

 

10 – Susumu 進

Yang terkahir adalah kanji dengan arti maju. Kouka-Sensei bilang lumayan banyak juga yang suka dengan kanji ini meski cara penulisannya sedikit bikin pusing. Kalau di Indonesia sih mungkin kanji ini disukai karna cara bacanya yang tidak senonoh sehingga sering jadi bahan ledekan. 😀

Comments