Content provided by Keepo. Semenjak Alone in the Dark dirilis di tahun 1992, tak dipungkiri genre game horor mengalami perkembangan yang sangat signifikan nan fantastis. Spesifiknya, dari tahun ke tahun semakin banyak saja rilisan-rilisan game horror yang makin terlihat super menyeramkan sampai bikin ngggak bisa tidur sendiri.

Nah, bagi kamu yang hobi main game sekaligus ngaku gak pernah takut dengan yang namanya horor, maka wajib banget bagi kamu untuk memainkan 10 game horror terseram berikut ini. Dijamin kamu nggak bakalan bisa tidur semalaman!

Baca Juga:

10 – Fatal Frame II: Crimson Butterfly (2003)

game horor

Sekuel Fatal Frame (2001) ini, tak dipungkiri jauh lebih bikin merinding dari game pertamanya. Mulai dari tampilan grafisnya, hingga roh-roh setan tak terlihatnya yang selalu gerayangan di sekitar pedesaan Minakami yang bikin super paranoid, Fatal Frame II, sukses membuat kita yang kala itu bercita-cita ingin menjadi fotografer profesional, langsung urung untuk meneruskan cita-cita tersebut.

9 – Resident Evil Revelations (2012)

Resident Evil Revelations (2012)

Tak dipungkiri pasca perilisan Resident Evil 4 (2005), franchise zombie hit ini mengalami penurunan kualitas yang lumayan signifikan (baca: lebih action). Dan Resident Evil 6 (2012), adalah puncak dari arahan baru tersebut.

Namun untungnya, di tengah-tengah ini semua, sekitar 10 bulan sebelum perilisan RE 6, Capcom merilis Resident Evil Revelations. Dan ketika dirilis, seluruh fans RE langsung sumringah bukan kepalang.

Pasalnya game yang menampilkan kembali veteran RE, Jill Valentine, menampilkan atmosfir dan gameplay yang balik ke “akar”. Alias kembali ke survival horror. Pokoknya ketika memainkan game horror ini, benar-benar seperti kembali memainkan dua seri pertama RE dulu: Merinding, deg-degan dan bikin kaget banget.

8 – F.E.A.R (2005)

F.E.A.R (2005)

Jujur ketika pertama kali melihat tampilan cover DVD game-nya, gue bingung sebingung-bingungnya. Game horror apa ini? Ada tampilan kuntil anak layaknya Sadako di seri The Ring (2002), tapi di saat yang sama juga menampilkan tentara bersenjata.

Keheranan gue pun makin bertambah ketika memainkan level-level awalnya. Game apa ini? Action bukan? Tapi ada kuntil anaknya di cover-nya jadi game apa ini? Well, game ini pada dasarnya, adalah game ber-genre action-FPS-horor supranatural yang berfokus tim tentara khusus (special force) bernama F.E.A.R yang ditugaskan untuk memberantas gadis cilik menyeramkan, Alma Wade.

Wade, adalah gadis cilik yang merupakan hasil eksperimen yang pasca dijadikan eksperimen tersebut, dirinya langsung dipenuhi oleh rasa amarah dan haus darah yang tiada hentinya. Nah, di sepanjang misi yang dijalankan, Alma tak jarang menampakkan wajah layaknya seperti kunti yang tiba-tiba tampil di kedua bola mata. Dan hal inilah yang membuat F.E.A.R menjadi begitu menyeramkan.

7 – Bendy and the ink Machine (2017)

Bendy and the ink Machine (2017)

Jangan tertipu dengan tampilan karakter Bendy yang terlihat seperti Mickey Mouse jadul ini. Bendy dengan game indie-nya ini, merupakan experience yang membuat bulu kuduk super merinding.

Pasalnya, selain tampilan Bendy dan keseluruhan atmosfir-nya yang creepy, storyline yang ditampilkan game buatan TheMeatly Games ini, benar-benar sakit. Tentunya gue tidak mau men-spoil plot-nya. Silahkan kalian lihat dan rasakan sendiri. Dijamin kamu bakalan ngeri sendiri tidak karuan.

6 – Silent Hill 2 (2001)

Silent Hill 2 (2001)

Semenjak game pertamanya dirilis di tahun 1999, tak dipungkiri game horror milik Konami ini langsung hit banget. Hal ini tentunya dikarenakan Silent Hill adalah game horor yang langsung menyerang sisi psikologis pemainnya. Pokoknya game ini membuat parno dan gila sendiri.

Dan hal yang sama juga bisa dikatakan terhadap sekuelnya ini. Malah bisa dibilang tingkat kengerian psikologis yang ditampilkan Silent Hill 2, adalah kuadrat aka pangkat 2. Hal ini dikarenakan tampilan grafisnya yang lebih smooth dan tentunya storyline yang jauh lebih creepy.

Oh ya, jangan lupa juga dengan sosok ikonik, Pyramid Head yang selalu menghantui di sepanjang game-nya yang tentunya, membuat experience game ini makin terasa menyeramkan saja.

5 – Alien: Isolation (2014)

Alien: Isolation (2014)

Sepertinya gue nggak perlu menjelaskan panjang lebar lagi apa, mengapa dan bagaimana kengerian seri game yang diadapatsi / berdasarkan franchise film sci-fi milik Ridley Scott ini. Alien gitu loh!

Dan Isolation juga memiliki feel dan gameplay yang tidak jauh berbeda dari game-game Alien moderen lainnya. Memainkan putri kandung Ellen Ripley (Sigourney Weaver), Amanda Ripley, di sepanjang level, kita merasa was-was tidak karuan sendiri dengan Xenomorph yang mengincar nyawa. Rasa was-was semakin tidak karuan dengan keterbatasan amunisi yang ada. Pokoknya benar-benar bikin keringat dingin binti jantungan mainnya.

4 – DreadOut (2014)

DreadOut (2014)

Siapa yang menyangka bahwa Indonesia bisa memproduksi game horror seseram dan se-hit ini? WOW. Tapi memang itulah kenyataannya. Dreadout adalah game buatan developer Digital Happiness yang berpusat di kota kembang, Bandung.

Bagi kamu yang mungkin lupa, game ini mengisahkan siswi SMA, Linda, yang setelah pulang piknik bersama teman-temannya menjadi tersesat di sebuah tempat terpencil yang sangat mistis. Singkat kata setelah mendapatkan kekuatan suprantural, ia pun langsung bergegas menyelamatkan seluruh sahabatnya yang diincar oleh kekuatan mistis tersebut.

Yang membuat DreadOut benar-benar menyeramkan adalah tampilan serta atmosfirnya yang menggabungkan berbagai aspek yang terdapat di game-game horor top dunia seperti: Silent Hill, Castlevania, Clock Tower dan tentunya Fatal Frame. Selain faktor tersebut, faktor lainnya adalah game ini juga menampilkan setan-setan (mahluk halus) khas Indonesia seperti kuntil anak dan genderuwo.

3 – Outlast (2013)

Outlast (2013)

Semenjak trailer-nya dirilis di tahun 2013, sudah terlihat jelas sekali kalau game buatan Red Barrels ini, benar-benar “sakit jiwa”. Dan benar saja. Ketika akhirnya kita memainkan game yang berfokus pada sosok jurnalis investigatif, Miles Upshur yang berjuang untuk mengungkapk misteri eksperimen yang sedang dilakukan oleh sebuah rumah sakit jiwa ini, jantung kita langsung “berolahraga” tanpa henti.

Selain tampilan pasien RS jiwa dan keseluruhan atmosfirnya yang benar-benar creepy abis, dalam memainkan petualangan Miles ini, kita tidak dibekali satu senjata apapun selain kameranya yang telah diatur dalam mode pandangan malam (night vision).

Dan satu-satunya cara kita untuk menghindar dari seluruh pasien-pasien gila ini, hanyalah lari, berjalan, menunduk, naik / turun tangga dan bersembunyi di lemari atau tempat persembunyian yang terdapat di dalam RS-nya.

2 – Five Night at Freddy’s (2014)

Five Night at Freddy's (2014)

SAKIT JIWA. Yap, mungkin 2 kata inilah yang pas untuk mendeskripsikan seorang Scott Cawthon. Ya bagaimana tidak? Kamu bisa lihat sendiri bukan dari game buatannya ini? Dengan menggabungkan konsep boneka animatronik serta restoran dine-in entertainment layaknya Chuck E. Cheese, Cawthon, sukses menciptakan  sebuah game point & click  yang bikin jantung copot.

Satu-satunya cara agar bisa selamat dari serangan kaget yang ditampilkan, adalah dengan terus mengawasi  aktivitas kamera keamanan yang ada. Meleng sedikit, siap-siap saja langsung dikagetkan oleh animatronik beruang atau bebek pembunuh itu.

1 – Amnesia: The Dark Descent (2010)

Amnesia: The Dark Descent (2010)

Sejujurnya, penilaian / penentuan game horor mana yang harus menduduki posisi puncak di daftarnya ini, sangatlah ketat. Kesepuluh game yang ada sama-sama memiliki tingkat keseraman yang sama gokilnya.

Tapi setelah memproses sekaligus menelaah semuanya kembali, akhirnya gue memutuskan game buatan Frictional Games ini yang menduduki posisi puncaknya. Alasannya? Perlukah gue jabarkan lagi?

Selain memiliki backstory karakter utama, Daniel, yang super depresif, ketika Daniel bersembunyi di lokasi yang gelap, persepsi dirinya dan kita yang memainkan juga menjadi blur (antara yang nyata dan yang halusinasi  tidak jelas perbedannya). Pokoknya gue cuma bisa berpesan, jangan sampe ikutan jadi tidak waras juga ya setelah memainkan game-nya.

Nah guys. Itulah tadi kesepuluh game horor terseram yang harus dimainkan bagi kamu-kamu yang ngaku suka banget dengan yang berbau horor. Bagaimana apakah kamu setuju dengan 10 game horror yang ada di daftar? Apabila kamu memiliki game terseram favorit yang tidak ada di daftar, feel free to share ya!