Apakah ada dari kalian yang Belajar Bahasa Jepang? atau berencana belajar Bahasa Jepang? Mungkin kalian perlu melihat fakta menarik tentang Bahasa Jepang berikut ini, Fakta yang dirangkum oleh BBC tentang bahasa-bahasa di Dunia, dan yang satu ini termasuk dalam A Guide to Japanese.

1 – Dimana Bahasa Jepang banyak digunakan?

Map Bahasa Jepang
Bahasa Jepang merupakan bahasa Nasional yang digunakan di Negara Jepang yang berpopulasi sekitar 125 Juta penduduk, namun tahukah kamu jika Bahasa Jepang juga digunakan oleh lebih dari 2,5 Juta orang yang tersebar di seluruh dunia? Mereka adalah orang-orang Jepang yang tinggal di Luar Negeri dan masih menggunakan Bahasa Jepang sebagai Bahasa Pertama mereka.

Tercatat paling banyak tinggal di Brazil dan sisanya di negara-negara Benua Amerika termasuk US. Di kota-kota besar seperti London, New York, dan Paris, kita juga masih bisa menemukan cukup banyak Ekspatriat termasuk di Jakarta juga lho. Buktinya tiap tahun di Jakarta terdapat sebuah festival yang kebanyakan panitia nya merupakan Ekspatriat Jepang.

 

2 – Yang sudah Kamu ketahui tentang Bahasa Jepang

Mungkin cukup melegakan bagi kita yang mau belajar Bahasa Jepang karena seperti halnya Bahasa Indonesia bahkan Inggris, kata di Jepang tidak mempunyai Gender seperti dalam Bahasa Jerman atau Perancis. Bahkan seperti Bahasa Indonesia pula bahasa Jepang juga tidak menggunakan bentuk khusus untuk kata benda yang menunjukan Plural maupun Singular. Contohnya: 友達 [tomodachi] seperti halnya Teman dalam Bahasa Indonesia dalam Bahasa Inggris dapat berarti a Friend, the Friend, dan Friends.

Selain itu Bahasa Jepang juga banyak menggunakan Kata Serapan dari bahasa asing yang juga disebut 外来語 [gairaigo] (Buat kalian yang sudah belajar Bahasa Jepang pasti juga familiar dengan hurufnya yang digunakan yaitu Katakana).
Kata serapan ini ternyata tidak hanya diambil dari Bahasa Inggris lho.

Contoh:テレビ [terebi] yang berarti TV
Lalu ada Roti yang diartikan パン [pan] itu berasal dari Bahasa Portugisnya yaitu pao
Kemudian ada kerja paruh waktu udah tahu kan アルバイト [arubaito] itu berasal dari Bahasa Jerman yaitu Arbeit.

 

3 – Sulitkah Belajar Bahasa Jepang?

Kesulitan utama untuk belajar Bahasa Jepang kemungkinan adalah untuk mempelajari huruf/tulisan nya memang, dan tidak ada shorcut untuk yang satu ini. Tapi jika kita ingin mempelajari spoken language nya Jepang dan menggunakan Romaji, justru bisa jadi lebih mudah daripada bahasa lain, Karena secara pronunciation tak jauh berbeda dengan Bahasa kita, dan tak adanya perbedaan tone yang signifikan, mungkin juga semakin memudahkan kita.

Namun untuk terbiasa dengan Grammar Bahasa yang satu ini mungkin sedikit Tricky karena tidak seperti Bahasa Indonesia yang kalimatnya sangat simple dengan Subjek Predikat Objek (SPO). Bahasa Jepang menggunakan urutan Subjek Objek Predikat (SOP), jadi mungkin harus ada sedikit penyesuaian bagi kita yang berbahasa Indonesia. Misal saja kalimatnya “Saya menonton TV“, dalam Bahasa Jepang kita harus merangkai nya menjadi “Saya TV menonton”. Bagi kalian yang pernah belajar bahasa Jerman atau Turki mungkin bisa dapat sedikit kemudahan karena bahasa-bahasa tersebut juga menggunakan struktur yang hampir sama.

 

4 – Tounge Twister  Yang Paling Sulit

Tounge Twister merupakan permainan kata-kata yang bisa membuat Lidah kita terpeleset, contoh di bahasa adalah seperti “satu biru, dua biru, tiga biru dst….” yang dapat terpeleset biru nya jadi Ribu, atau kasus yang sempat viral belakangan sang anak SD yang Tounge Twisted di depan Bapak Presiden Jokowi dengan “Ikan Tongkol” nya wkwkwk

Ini adalah Tounge Twister yang dianggap paling sulit dalam Bahasa Jepang.
生麦、生米、生卵 [Nama mugi, nama gome, nama tamago]
Artinya: Tepung Mentah, Nasi Mentah Telur Mentah

VS

 

Susah Mana?? 😀

 

5 – Joke Bahasa Jepang yang Lucu?

Kalau yang satu ini bagi pecinta Anime terutama yang genre Comedy udah makanan sehari-hari lah ya. Tapi saya sertakan saja untuk sedikit pengathuan tentang Japanese Humour. Jadi kebanyakan humour orang Jepang itu katanya bentuknya Cerita daripada Simple Gag, baik itu dalam bentuk yang tradisional Rakugo maupun Manzai (percakapan yang cepat).
Ini adalah contoh dari sebuah cerita lucu yang terkenal dengan Nama Manjuu Kowai, dalam bentuk rakugo:

友人達とお酒を飲んでいると、ある一人の人物がこの世で何が一番怖いか皆に問いかけます。一人はクモ、またもう一人はナメクジ、その横の人は蛇と答えます。そのうち一人はまんじゅうが一番怖い。。と答えました。それを聞くと他の友達は良くある冗談として大量のまんじゅうを買い込み、彼を一緒に部屋に閉じ込めてしまいます。しばらくして皆が様子を見ようと扉を開けると、なんと彼はまんじゅうを全部食べてしまっているではないですか!友達の一人が言います。『なんだ、お前まんじゅうが怖いって言ったじゃあないか。このうそつきめ!本当は何が怖いか正直に言ってみろ。』と聞くと、彼は『はて、、』と言ってしばらく考え込み、『いいタイミングで聞いてくれたものだ。今はおいしいお茶が本当に怖い』。

Sekelompok teman, duduk melingkar dan menikamti minumnya. Salah satu dari mereka melemparkan pertaanyaan hal apa yang paling mereka takuti. Satu menjawab Laba-Laba, satu lagi menjawab Lintah, yang disebelahnya menjawab Ular dan begitulah seterusnya…
Akhirnya, ada yang mengakui bahwa Kue Manjuu lah yang paling ia takuti. Kemudian, untuk mengerjainya, teman-teman nya pergi untuk mengambil Kue Manjuu kemudian menguncinya disebuah ruangan hanya bersama dengan Kue Manjuu tersebut. Setelah beberapa saat, mereka membuka pintu dan malah mendapati kalau dia sudah memakan habis kue Manjuu nya. “Hey!” teriak salah satu dari teman nya, “Ku kira kamu takut dengan Kue Manjuu! Dasar pembohong! Ayo, mengakulah, apa hal yang paling kamu takuti?” “hmm,”  ujar pria tersebut sambil berpikir beberapa saat, ” Lucu sekali kamu menanyakan hal tersebut, tapi saat ini, Ku kira aku sangat takut dengan segelas teh…”

 

6 – Apakah Belajar Bahasa Jepang juga bisa membantu Untuk mempelajari Bahasa Lain?

Pengetahuan tentang Bahasa Jepang akan membantu kita jika kita mau belajar Bahasa Korea, karena dua bahasa tersebut ternyata mempunyai kemiripan secara Grammar. Sedangkan Bahasa Mandarin sangatlah berbeda dalam segi Grammar, namun mempelajari Huruf Kanji juga akan membantu kita untuk mempelajari huruf-huruf di bahasa Mandarin yang bahkan lebih complex.

Bahasa Jepang & Bahasa Korea
Sedikit contoh kemiripan Bahasa Korea dan Jepang

 

7 – Apa yang TIDAK Boleh dikatakan dalam Bahasa Jepang?

Dalam bahasa seringkali terdapat kata yang mempunyai bunyi yang sama namun sebaliknya artinya jauh berbeda, apalagi akan menjadi gesekan budaya jika makna nya malah Negatif. Di Bahasa Indonesia Cincin adalah hal yang lumrah bahkan menjadi simbol cinta, dan perhiasan, namun hati-hati atau hindari mengunakan kata cincin saat bercakap dengan Orang Jepang. Karena dalam Bahasa Jepang Chinchin digunakan oleh anak-anak untuk menyebut alat kemaluan Pria. (Wah bisa jadi insiden “Ikan tongkol” lagi dong :D)

Cincin??

 

8 – Kutipan Terkenal

Salah satu bentuk sastra dari Jepang yang mendunia adalah Haiku. Dengan struktur suku kata 5-7-5 nya yang simple dan kaitannya dengan Zen Buddhism, menjadikan haiku cukup terkenal di kalangan Guru Bahasa maupun sastrawan Dunia. Salah satu Penulisi Puisi Haiku yang terkenal adalah Matsuo Bashou (1644-1694), dan berikut mungkin salah satu karya nya yang cukup terkenal:
古池や 蛙飛びこむ 水の音

Furu ike ya
Kawazu tobikomu
Mizu no oto

Kolam yang kuno
Katak meloncat masuk
Suara air

Ilustrasi Haiku dari Mastuo Basho

 

9 – Penerbitan Pertama

Hal yang aneh dari Jepang adalah terdapatnya sedikit sekali bukti sistem penulisan asli atau karya pribumi sebelum masuknya Huruf China ke Jepang pada abad ke 5. Bahkan setelah itu, baru pada sekitar abad ke 8 lah bentuk penulisan dari Jepang benar-benar berkembang. Tapi beberapa abad setelahnya muncul sebuah karya yang bahkan disebut sebagai Novel pertama di dunia diterbitkan, 源氏物語 [Genji Monogatari], The Tale of Genji, karya dari Murasaki Shikibu di terbitkan pada tahun 1007.

 

10 – Bagaimana menunjukan Sopan Santun di Jepang

Pada jaman dulu, mungkin seorang samurai akan berteriak 身の程を知れ![Mi no hodo o shire!], yang berarti ‘Ketahuilah tempatmu!’ (atau mungkin dalam Bahasa Indonesia setara dengan ‘Kurang Ajar’) kepada orang yang berani untuk tidak munujukan hormat kepadanya. Dan biasanya akan diikuti oleh tebasan Pedang ke kepala pelakunya. Yah, mungkin saat ini kita tidak perlu khawatir dengan tebasan pedang, tapi ada baiknya kita juga menjaga sopan santun dan tata krama.

Di Jepang meskipun kita tak punya skill berbahasa Jepang yang baik untuk mengungkapkan kesopanan, dengan melembutkan suara, menghargai personal space seseorang, dan bahasa tubuh yang lebih santun adalah cara yang paling baik untuk menjukan respect dan sopan santun.

Obama juga menunjukan respect saat berkunjung ke Jepang

Jadi itulah sepuluh hal yang dapat menambah pengetahuan kita tentang Jepang dan Bahasa Jepang. Bahasa Jepang memang sangat menarik dengan budaya nya yang sangat terkenal akan respect dan sopan santun. Menjadikan orang yang mempelajarinya secara tidak langsung  juga merasakan bagaimana etika itu dijalankan.

Banyak hal juga yang dapat kita pelajari saat belajar Bahasa Jepang. Dan berkembangnya pop culture Jepang saat ini juga menjadi salah satu hal yang semakin menarik kita untuk Belajar Bahasa Jepang.

Untuk kalian apakah ada fakta lain tentang Bahasa Jepang yang kalian ketahui? Apakah kalian pernah mencoba Belajar Bahasa Jepang? Sulitkah Bahasa Jepang menurut Kalian? silahkan share melalui Komentar.

Untuk dimana Belajar Bahasa Jepang yang paling oke, Jelas di Akiba Classroom, bisa diakses di mana saja, bahkan menggunakan Smartphone, dari mulai basic sampai Advance, Klik gambar di bawah ini untuk lebih lengkap tentang Akiba Classroom.