Anime Gridman berhasil menarik hati para penonton dengan begitu cepat, terutama dalam hal karakter heroine mereka, Takarada Rikka dan Shinjou Akane, yang berhasil mengambil hati fans dan hanya dalam kurun waktu dua episode penayangannya, sudah langsung ada Doujinshi seri itu. Tapi hanya karena awalnya Hot bukan berarti akan terus begitu, karena netizen Jepang lihat sama sekali tak ada doujinshi Gridman di event Comiket95.

Ya mina-san, rasanya begitu mengejutkan melihat anime yang pada awalnya dengan begitu cepat sudah ada hentai doujinshi, sekarang malah dikabarkan sama sekali tidak ada yang membuatnya untuk event pusat doujinshi dunia otaku, Comic Market, yang akan diadakan musim dingin akhir tahun 2018 nanti, dari tanggal 29-31 Desember.

Netizen mengecek dalam website Comiket untuk melihat para circle doujin yang akan berpartisipasi dan seri dan genre doujin apa yang dibuat mereka, dan ditemukan kalau yang membuat doujinshi seri SSSS Gridman nihil alias nol! Bahkan pencarian kata keyword Gridman juga tak memberikan hasil.

Tapi kenapa bisa begitu? Kenapa sesuatu yang begitu memanaskan imajinasi fanartist jadi seperti itu? Kemungkinan besar sih karena memang “dari sananya” sempat memperketat aturan hak cipta akan seri mereka.

Kemarin-kemarin website official anime SSSS Gridman memberikan guideline dalam hal penggunaan karakter mereka untuk karya derivatif. Dan diantaranya adalah mengenai doujinshi, yang dikatakan bahwa doujin yang dianggap melampaui aktivitas fans seperti memproduksi dan mendistribusi untuk kepentingan komersil dapat diminta untuk dihentikan penjualannya.

Itu artinya mereka yang jual beli doujin SSSS Gridman bisa saja disuruh distop oleh pihak pembuat Gridman. Terasa kalau masih ada celah lunak untuk membuat doujinshi atau fanart jika itu bukan untuk komersil, tapi tetap saja terlihat kalau tidak adanya circle yang mau membuat doujin untuk C95. Apalagi memang sebelum guideline itu dirilis pihak pembuatnya bertindak extra serius akan hak cipta.

Pada 29 Oktober kemarin fanartist pjaniishimo mendapatkan peringatan dan terpaksa menghapus fanart Gridman buatannya dari PixivFANBOX karena karyanya dipakai untuk komersil. Dan tak lama sebelum pengumuman dakimakura official Gridman, ada user Twitter lain yang batal menjual dakimakura Gridman buatannya karena ia juga mendapatkan peringatan hak cipta.

Beberapa berpendapat kalau tindakan itu lebih dari pihak Tsuburaya yang membuat Gridman original daripada Trigger yang menganimasikan SSSS, karena aturan ini mirip dengan FAQ dalam website Tsuburaya mengenai hak cipta. Yang jelas sih, fans dan netizen yang menunggu doujinshi Gridman di Comiket lumayan sedih akan hal ini 🙁

Comments